Kamis, 31 Agustus 2017

Lebih Mencintai Diri Sendiri



Pernah nggak sih, merasa diri ini selalu kurang? Pasti pernah kan, ya? Merasa kurang cantik, kurang tampan, kurang kaya, kurang langsing #eh dan kurang-kurang lainnya, yang bila dihitung pasti memenuhi kalkulator. Begitulah. Kita masih sering mengeluh karena merasa kekurangan.

Rabu, 30 Agustus 2017

Jangan Membebani Diri Sendiri



Membaca postingan salah satu penulis yang produktif dengan karya-karyanya serta sering berbagi ilmu menulis, membuat hati saya tersentak. Tulisan beliau membuat diri kembali merenung dan bercermin tentang aktivitas menulis, yang walaupun masih merasa sebagai pemula, tetapi terkadang timbul rasa ingin segera meraih harapan tinggi (bagi saya), yaitu buku yang ditulis bisa terbit!

Selasa, 29 Agustus 2017

Ini Kopiku, Mana Kopimu?



Ceritanya, beberapa hari ini saya lagi suka ngopi (lagi). Biasanya memang jarang ngopi, apalagi mengonsumsi kopi hitam. Pake yang ditumbuk pula (bukan kopi yang lembut).

Senin, 28 Agustus 2017

Maaf, Komentar Anda Saya Hapus!



Jadi ceritanya, beberapa saat yang lalu saat aku menampilkan postingan terbaru di akun media sosial, ada salah seorang teman yang memberikan komentar di postingan tersebut.

Sebetulnya bukan suatu hal yang tidak pantas untuk ditampilkan, dan aku yakin si teman hanya bermaksud bercanda. Tetapi, demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, dengan sangat terpaksa aku menghapus komentar dari teman tersebut.

Minggu, 27 Agustus 2017

Jadikan Ikhlas Hatimu



“Sesungguhnya di dalam tubuh manusia ada segumpal daging, apabila di baik, maka baiklah seluruh tubuhnya, dan apabila dia rusak, maka rusaklah seluruh tubuhnya. Ketahuilah bahwa segumpal darah itu adalah hati.”
(HR. Bukhari Muslim)

Hati manusia sangatlah rapuh. Sangat mudah sekali terbolak-balik. Sebentar merasa gembira, sebentar merasa sedih, sebentar merasa sakit, bahkan ada yang langsung berubah menjadi ikhlas. Persoalan hati sangatlah penting bagi manusia. Tidak boleh sekejappun diabaikan dan diremehkan. Hati menjadi hal yang pokok dalam kehidupan manusia. Dalam kondisi apapun, hati harus dapat kita pertahankan. Hati tidak boleh hilang, tidak boleh rusak, tidak boleh tercemar, juga tidak boleh sakit. Hati harus tetap dalam kondisi sehat, bersih dan ikhlas.

Seperti apapun amalan yang kita lakukan, tetapi bila tidak disertai keikhlasan hati, maka hal tersebut hanyalah sebuah kesia-siaan, karena sudah pasti tidak akan diterima Allah Swt.

Semua manusia pasti mengalami godaan yang datangnya dari setan. Dngan godaan-godaan tersebut, sudah pasti manusia akan disesatkan. Setan tentu akan merasa senang bila manusia yang diajak untuk berbuat dosa dan masuk neraka, sebab hal itu tanda bahwa manusia akan jadi pengikut setan. Namun hal ini tidak akan terjadi pada orang-orang yang senantiasa berbuat ikhlas.

Menurut agama, amalan batin haruslah diprioritaskan daripada amalan lahir yang dilakukan oleh anggota badan. Amalan yang bersifat lahir tidak akan diterima oleh Allah Swt., selama tidak disertai amalan batin yaitu niat yang ikhlas.

Hati merupakan hakikat manusia, sekaligus menjadi poros kebaikan ddan kerusakannya. Keselamatan di akhirat kelak juga hanya didapat oleh orang yang hatinya sehat, bersih dari segala penyakit hati.

Nilai diri manusia yang sejati tentu bukan pada fisik semata, tetapi terletak pada hati dan amal perbuatannya. Apakah hatinya terisi dengan iman atau tidak,  perbuatannya baik atau tidak. Itulah yang menentukan nilai manusia di mata Allah Swt.

“Demi waktu, Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian. Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasihat-menasihati supaya menaati kebenaran dan nasihat-menasihati supaya menetapi kesabaran” (QS. Al-Ashr)

Jadi sesungguhnya, nilai manusia itu ada pada keimanan dan amal salehnya. Bila nilai keimanan dan amal salehnya rendah, maka rendahlah nilai manusia bagi Allah Swt. Apalagi tidak disertai keikhlasan dalam menjalani hidup yang dikaruniakan. Tentu hidupnya akan sia-sia.

Sabtu, 26 Agustus 2017

Kaya Tapi Miskin




Kaya itu bukanlah diukur dengan banyaknya harta,
tapi kaya itu adalah kaya hati
(HR. Bukhari)

Berita mengenai sepasang suami istri pemilik salah satu biro perjalanan haji, yang telah menyalahgunakan amanah dari para peserta yang ingin menunaikan salah satu rukun Islam dengan mendaftar melalui biro tersebut, membuat hati menjadi miris dan turut menyesalkan sikap mereka. Betapa harta telah membutakan hati. Betapa hasrat pada dunia telah membuat hati mereka tertutup dan membuat kerugian pada banyak orang.

Selasa, 15 Agustus 2017

Enjoy Saja!



Ceritanya tadi pagi saat menyapu halaman, ada seorang tetangga, menyapa dan bertanya, kenapa aku menyapu, kok tidak dikerjakan mbak-nya saja (asisten rumah tanggaku). Kujawab, tidak apa-apa sambil tersenyum.

Senin, 14 Agustus 2017

Tips Menjaga Semangat Menulis

sumber foto : google


Postingan kali ini sebagai pengingat agar aku tetap mempunyai semangat untuk menulis. Tentu ada harap, semoga saja, ada yang bisa memberi manfaat bagi orang lain.

Awal mula aku benar-benar suka menulis ya baru setahun ini. Dimulai dari bikin update status di facebook, nge-tweet di twitter dan membuat postingan di blog pribadi (yang sudah jadi sarang laba-laba). Soal blog pribadi, jujur saja, aku memang lebih senang membuat postingan di sini. Rasanya asyik aja gitu. Padahal pertama kali punya blog itu tahun 2013, eh, baru aktif ngisi awal tahun 2016. Duh, kemana aja, Neng? *tutupmuka.

Sabtu, 12 Agustus 2017

Pesan Kue Ulang Tahun di Jakarta Kini Lebih Mudah

Kue ulang tahun Jakarta


Buatmu yang mau merayakan ulang tahun dan kebetulan berdomisili di Jakarta, kini tidak perlu repot lagi. Karena kamu bisa membeli kue ulang tahun secara online. Melalui toko kue ulang tahun Jakarta ClairmontCake, kamu bisa memilih kue kesayangan untuk merayakan momen spesial ini.

Bagaimana cara pesannya?

Jumat, 11 Agustus 2017

Kuncinya Pada Ketulusan



Pernah nggak sih merasa hidup yang dijalani, membuat kita merasa sebagai orang paling malang di dunia? Begitu banyak permasalahan yang harus dihadapi, sehingga membuat kita membenci hidup?

Pernahkah mempunyai keinginan dan harapan yang begitu besar, lantas berusaha mati-matian untuk meraihnya. Namun ketika semua berakhir dan semua hanyalah tinggal harap belaka, lantas kecewa meraja, bukankah kita sering begitu mudahnya menyalahkan keadaan dan lupa bahwa disaat seperti ini, yang dibutuhkan adalah ketulusan?

Rabu, 09 Agustus 2017

Selasa, 08 Agustus 2017

Tulisan yang Berkualitas

sumber foto : google


Sudah agak lama ingin curhat tentang tulisan yang kubaca (padahal sering juga curhat lainnya, hehe). Ya, ini ada alasannya. Terkadang mendapati tulisan atau postingan-postingan di beranda akun media sosial, ya di facebook, twitter, bahkan di blog pribadi, masih banyak yang ‘berantakan’. Maaf nih ya. Ini kan berdasar pengamatanku pribadi.

Sabtu, 05 Agustus 2017

Me vs Mami

Dok. Pribadi


Judul postingan kali ini seperti judul film ya? Memang iya. Terinspirasi banget ngasi judul kayak film itu setelah nonton tayangannya di sebuah stasiun televisi swasta.

Jumat, 04 Agustus 2017

Dia Sebaik-baik Penolong






Hidup manusia tidak pernah lepas dari permasalahan. Baik itu masalah kecil, sedang, maupun besar. Tingkat permasalahan yang dihadapi masing-masing orang tidaklah sama, dan juga relatif. Mungkin bagi seseorang, masalah yang dihadapi orang lain tidaklah besar, tetapi bagi yang mengalami sendiri, masalah itu sudah dianggap pelik dan sangat merisaukan hati.

Kamis, 03 Agustus 2017

BE YOURSELF



Ceritanya, aku habis ngobrol lewat whatsapp dengan seorang teman yang juga seorang penulis. Tulisan-tulisannya sering bertema inspirasi dan menggugah banyak orang untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Selain itu, banyak tulisannya dimuat di media, baik online maupun offline. Aku beruntung bisa mengenal dan memperoleh banyak ilmu darinya. Tidak hanya ilmu dunia, pun ilmu akhirat. Silaturahmi kami tidak hanya terjalin lewat dunia maya, tetapi juga kerapkali kali di dunia nyata. Kami bertemu, entah pertemuan yang memang sudah direncanakan maupun tanpa sengaja kami dipertemukan oleh Allah. Kami saling mengenal sudah cukup lama, dan dia mengetahui perkembangan tulisanku.

Rabu, 02 Agustus 2017

Tetap Berprasangka Baik pada Allah






Kehidupan ini bagaikan perputaran roda. Terkadang ada di bawah, terkadang juga berada di atas. Semua insan tak dapat mengelak dari keadaan tersebut. Suatu ketika Allah memberikan kesempatan kita berada dalam keadaan ‘di atas’, tetapi pernah juga berada ‘di bawah’. Sesekali dilimpahi kesenangan, lain kali dihimpit kesusahan.

Selasa, 01 Agustus 2017

Menjaga Lisan, Menjaga Hati




sumber foto : google

Pernah suatu ketika, kami sekeluarga melihat sebuah tayangan di televisi. Tiba-tiba, si ayah menyelutuk dan (mungkin) tanpa sadar mengeluarkan sebuah kata yang tidak pantas didengar. Yang menegur adalah si kecil kami. Kata-kata itu memang mengarah pada ucapan yang tidak pantas (kalau tidak salah, si ayah mengeluarkan kata g****k, karena tayangan tersebut tidak sesuai dengan jalan pikirannya). 

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...