Rabu, 26 Juli 2017

Ngeblog Asyik, Bikin Hepi




Pernah nggak merasa jenuh saat ngeblog? Saya pernah dan sering hahaha. Rasa jenuh itu pasti ada kan ya dalam hidup ini. Tidak terkecuali ngeblog.

Kalau udah jenuh, trus ngapain nih? Bengong? Tidak menulis (ngeblog), atau ngapain? Atau malah berhenti membuat postingan di blog?

Ya, kalau saya sih kadang nggak ngeblog. Tapi mata masih ngelirik postingan teman-teman sesama blogger. Hehehe. Rasa ingin tahu ternyata llebih besar ya.


Pernah nggak, ingin bisa menjadi seorang blogger keren (kalau nggak mau dipanggil mastah), dengan postingan blog yang kece punya, mempunyai banyak follower, sering mendapat job review dan menghasilkan (uang) hanya dari ngeblog, sering memenangkan blog competition bahkan menjadi rujukan bagi para blogger pemula (seperti saya) ^^

Jujur,  saya salut sama blogger yang konsisten menulis dalam kondisi apapun dan disela kesibukan mereka. Dan saya rasa, mereka pasti punya alasan tertentu untuk tetap ngeblog.

Ketika saya mencoba mengamati para blogger yang konsisten menulis ini, ada beberapa hal yang (saya) rasa mereka lakukan agar tetap ngeblog yang asyik dan bisa bikin hepi.

1.       Menulis tentang apa saja
Ya, mereka menulis tentang apa saja yang ingin ditulis. Terkadang tidak peduli bahwa tulisan tidak sesuai dengan konten blog. Sesekali mereka membuat postingan yang berisi curhatan pribadi. Bukan menjadi sebuah masalah, yang penting mereka merasa nyaman dengan ngeblog dan tetap membuat postingan di blog mereka.

2.       Menjadikan blog sebagai rumah kedua
Namanya juga rumah. Ibarat tempat tinggal, kan harus sering dibersihkan, diisi dengan perabot yang benar-benar diperlukan, didesain sesuai kehendak hati, juga harus dibuat senyaman mungkin untuk ditempati. Para blogger keren dan konsisten ngeblog ini seolah menjadikan blog sebagai rumah kedua, sehingga mereka terus berusaha agar blognya menjadi nyaman untuk tempat 'bertamu', atau setidaknya nyaman bagi dirinya sendiri.

3.         Hal penting tapi bukan yang utama
Ada beberapa hal yang cukup penting bagi seorang blogger apabila ingin menjadikan blognya tidak hanya dilirik, tetapi juga bisa dikategorikan sebagai blog yang menghasilkan. Misalnya tentang konten, template blog, mengandung unsurr SEO, nilai DA/PA dan sebagainya. Namun beberapa hal penting tersebut bukanlah yang utama bagi seorang blogger, yang ingin blognya tetap eksis. Keinginan untuk selalu berbagi manfaat pada orang lain melalui tulisan, jauh lebih penting bagi mereka.

4.         Konsisten menulis
Menulis memang bisa dilakukan oleh siapa saja, tetapi konsisten menghasilkan tulisan lewat postingan di blog, tidak semua orang bisa melakukan. Seorang blogger sejati akan tetap menulis dalam kondisi apapun, dengan tema tulisan apapun, tidak harus menunggu ide datang baru menulis. Bahkan bila tak satupun membalas blogwalking yang dilakukannya. Para blogger keren ini akan tetap menulis karena menganggap bahwa ngeblog itu asyik dan menyenangkan.

Nah, itulah beberapa langkah yang dilakukan para blogger keren (menurut saya), sehingga mereka tetap konsisten membuat postingan di blog dan tetap hepi melakukannya. Kita bisa juga kok meniru langkah-langkah di atas.

Bagi seorang blogger, baik yang sudah bisa menikmati dunia blogging atau sedang menuju kesana, ngeblog itu bisa dijadikan sebuah ruang privasi tersendiri dan bebas berekspresi. Meskipun terkadang blog tidak ada yang mengunjungi, tidak ada yang memberi komentar, bukan lantas menjadikan kita kecewa sampai berhenti membuat postingan di blog. Prinsip utama adalah, ngeblog itu dibuat asyik-asyik saja dan nyaman untuk dilakukan. Bagaimana, Anda setuju dengan pendapat ini?






 








2 komentar:

  1. setuju sama ini: Keinginan untuk selalu berbagi manfaat pada orang lain melalui tulisan, jauh lebih penting bagi mereka. Dulu aku ngga pernah tau tentang SEO, rating, dll, dkk hahahha.. nulis aja yg enak dihati & bisa diambil hikmahnya sama yg baca. Alhamdulillah dilirik jg sama brand buat sponsor post :)

    Cuman konsisten nulis itu yg susah hahahaha... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Sandra udah blogger mastah lah. Postingannya keren-keren. Semoga menular ke aku, jadi blogger sekeren mbak. Aamiin ^^

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Pastikan Anda mencantumkan nama dan url blog, agar saya bisa berkunjung balik ke blog Anda. Semoga silaturahmi kita terjalin indah ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...