Selasa, 09 Mei 2017

Tips agar Anak Nyaman Berkendara Sepeda Motor saat Perjalanan Jauh


sumber foto : google




Beberapa saat yang lalu, saat akhir pekan, saya, suami dan si kecil yang masih berumur 5 tahun melakukan perjalanan agak jauh, dengan tujuan Kabupaten Tulungagung. Sekitar 4 jam dari daerah asal kami, Kabupaten Nganjuk. Karena ini adalah pengalaman pertama si kecil berkendara dengan sepeda motor (biasanya kami naik kendaraan roda 4), maka saya melakukan beberapa persiapan agar si kecil merasa nyaman.


Adapun beberapa hal yang perlu dipersiapkan adalah sebagai berikut :
1.      Kenakan baju berlengan panjang dan celana panjang
Sebelum memulai perjalanan, kenakan pada si kecil, baju atau kaos yang nyaman berlengn panjang. Demikian juga dengan celananya, pakaian celana panjang. Usahakan dari bahan yang tebal atau jeans.

2.      Pakaian jaket yang tebal
Meskipun bukan musim penghujan, namun karena perjalanan yang ditempuh cukup jauh, tentu hembusan angin pasti terasa. Untuk itulah, si kecil harus dipakaikan jaket dari bahan yang cukup tebal agar tidak mudah masuk angin.

3.      Sepatu atau sandal bertali dan kaos kaki tebal
Kenakan kaos kaki dan sepatu atau sandal bertali pada si kecil. Sandal bertali untuk mengantisipasi agar tidak jatuh saat anak mengantuk ketika dibonceng. Kaos kaki tebal harus pula dipakaikan. Bila tidak dikenakan kaos kaki, besar kemungkinan kaki menjadi kedinginan karena terpaan angin dan berpotensi timbul masuk angin.

4.      Kenakan kacamata dan masker
Mengenakan kacamata tentu agar penglihatan si kecil tidak terganggu karena teriknya sinar matahari, juga untuk menghindari masuknya debu ke dalam mata. Penggunaan masker sebagai antisipasi untuk menghindari polusi masuk ke dalam pernapasan.

5.      Helm yang nyaman
Terkadang si kecil ingin duduk di depan. Oleh sebab itu, saya siapkan helm untuknya, yang ada penutup di bagian depan. Jangan memakaikan helm tanpa penutup pada si kecil. Hal ini tentu saja untuk diperhatikan dari segi keamanannya.

6.      Bawakan snack dan minuman dari rumah
Sebelum melakukan perjalanan, sebaiknya siapkan snack atau camilan dan minuman dari rumah. Selain lebih higienis tentu lebih hemat, bukan?

7.      Sempatkan istirahat sejenak
Menempuh perjalanan dengan jarak cukup jauh tentu akan melelahkan. Harus disempatkan untuk beristirahat sejenak. Tempat untuk beristirahat bisa saat mengisi bahan bakar di SPBU, bisa juga di musholla atau masjid saat akan menunaikan ibadah wajib, atau saat mengisi perut di rumah makan atau warung yang dituju.

Melakukan perjalanan jauh dengan menaiki kendaraan roda 2, bukan suatu hal yang mengkhawatirkan bila mengajak si kecil turut serta, asalkan sebelum berangkat, lakukan bebrapa persiapan seperti di atas. Hal terpenting adalah membuat si kecil merasa nyaman selama perjalanan.

Bila ada tips lain agar si kecil merasa nyaman selama perjalanan bersama kita, saat berkendara roda 2, silakan tambahkan di kolom komentar ya. J

Moga tips ini bermanfaat.



Nova DW
Nganjuk, 9 Mei 2017


#Parenting




4 komentar:

  1. iya bener mba mesti sendal/sepatu bertali beberapa kali pergi jg suka copot dijalan 😂 tp aku blm pernah si mba motoran jauh anakku ga mau diem keknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga baru berani ngajak Rafa motoran pas dia udah agak gede gini, secara dia udah 5 tahun. Dulu ya nggak kuajak, kutitipkan pada mertua hehe, anaknya jg nggak bisa diam, mbak Herva. Sekarang sih lebih anteng.

      Hapus
  2. Emangsusah kalau udh bw anak pakai spd motor....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Otangtua yang harus lebih protektif dan berinisiatif agar si anak bisa nyanan, mss Ahmad :)

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Pastikan Anda mencantumkan nama dan url blog, agar saya bisa berkunjung balik ke blog Anda. Semoga silaturahmi kita terjalin indah ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...