Jumat, 12 Mei 2017

Jaga dan Peliharalah Suasana Hatimu





Ternyata memang benar ya, kalau suasana hati atau istilahnya mood kita lagi sedang bagus, pasti bakalan enak buat ngapain saja. Iya, kan? Tapi sebaliknya, kalau lagi bete, bad mood atau suasana hati lagi sedang tidak bagus, pasti nggak enak buat melakukan apapun. Termasuk juga menulis. Dan itu saya alami.


Jadi ceritanya, saya tuh lagi dalam kondisi kurang bagus, baik psikis maupun fisik. Kebetulan memang lagi diuji sakit selama beberapa hari. Badan terasa meriang, panas dingin dan pinginnya rebahan saja. Selain itu, mood saya sedang tidak baik. Mungkin saling berpengaruh kali, ya. Fisik sakit, mood ikutan mogok. Alhasil, saya merasa tidak punya ide untuk menulis. Bisa ditebak. Beberapa hari saya tidak membuat postingan di blog, meskipun sempat saya intip juga. Sekadar menengok sebentar, blogwalking sebentar, leave comment sekadarnya, sudah. Nulis? Di benak saja tidak ada. Waduh!

Kondisi seperti ini bila dibiarkan tentu berakibat tidak bagus, bukan? Padahal saya ingin sekali bisa jadi penulis. Juga sebagai blogger. Bercita-cita boleh saja, to? Kalau dua hal tersebut tidak didukung oleh semangat dari diri sendiri, mana mungkin bisa tercapai? Lha saya jadi malas menulis akhir-akhir ini, kan? Dan ini ada hubungannya dengan mood atau suasana hati saya.

Ada sebuah nasihat dari seorang teman saya. Disampaikannya bahwa, bila mood sedang tidak bagus, tidak mungkin kita bisa menulis. Jadi, kita harus bisa menciptakan mood yang mendukung. Jaga dan peliharalah suasana hati agar terus semangat untuk menulis. Sebuah nasihat yang sangat bagus dan berarti buat saya, yang masih sering up and down semangatnya dalam menulis.

Dan begitulah. Saya harus bisa menjaga suasana hati saya untuk kembali menulis. Tidak boleh membiarkan rasa jenuh berlama-lama hinggap di hati. Tidak boleh membiarkan bad mood terus berulang yang berakibat saya tidak menulis.

Semua bermula dari niat. Bila saya memang berniat ingin menjadi penulis maupun blogger, tentu rintangan dalam bentuk apapun, termasuk mood yang tidak bagus, harus segera disingkirkan. Bisa dengan cara, saya mengambil air wudu, lantas membaca Alquran biar hati menjadi tenang, atau memperbanyak istigfar, membaca buku-buku, jalan-jalan sebentar, melihat film kartun, atau melakukan hal-hal menyenangkan lainnya.

Menjaga dan memelihara suasana hati agar senantiasa baik, sehingga kita bisa melakukan aktivitas apapun dengan lancar, tentu sangat penting artinya. Termasuk juga menulis. Ketika mood yang baik datang untuk menulis, maka segeralah menulis, meski itu hanya di selembar kertas.

Saya yakin, setiap tulisan pasti akan menemukan takdirnya. Dalam bentuk apa? Saya tidak tahu. Mungkin ada yang membaca tulisan ini lantas terinspirasi untuk ikut menulis juga. Mungkin ada yang tersadar, bahwa dengan menulis, kita bisa menjadi sosok yang memberi manfaat bagi orang lain. Wallahu’alam.

Semoga yang sedikit ini memberi manfaat.


Nova DW
Nganjuk, 12 Mei 2017


#PengingatDiri
#Inspirasi



4 komentar:

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Pastikan Anda mencantumkan nama dan url blog, agar saya bisa berkunjung balik ke blog Anda. Semoga silaturahmi kita terjalin indah ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...