Kamis, 06 April 2017

Pintar Saja Tidak Cukup!





.
Terkadang kita mempunyai rasa kekaguman pada seseorang karena keahlian dan kepintarannya. Takjub akan kepandaian intelektual orang lain memang bukan sikap yang salah. Saya juga mempunyai rasa tersebut ketika bertemu atau mengetahui keberhasilan seseorang karena ilmu yang dimiliki.
.

Ada anggapan bahwa kunci kesuksesan dari banyak hal adalah ilmu. Namun hal tersebut sebaiknya diiringi dengan mental positif dan sikap yang baik, serta kecerdasan emosi dan spiritual yang bisa membantu terciptanya sebuah kesuksesan seseorang.
.

Kekaguman akan kepintaran seseorang terkadang tertutupi hingga sifat kurang baik yang ada padanya tidak tampak. Namun banyak juga yang menjadi kecewa bahwa sang idola hanya mempunyai kepintaran secara intelektual, bukan secara spiritual, sering melecehkan bahkan tidak mempunyai empati pada orang lain. Sungguh disayangkan.
.

Kecerdasan intelektual memang penting, namun itu saja tidak cukup. Apalah artinya pintar namun tidak mendapat simpati orang lain, hanya karena kita ingin menunjukkan kepintaran? Sepintar apapun seseorang, namun bila sering melecehkan, hanya cap buruk saja yang akan melekat. Apalagi bila disertai sikap sombong dan hanya terkesan show off  dengan kepintarannya, maka kesan tak baik akan ditujukan.
.

Ada sebuah kalimat yang bisa menjadi renungan kita bersama. Menjadi orang penting itu memang baik baik, namun lebih penting lagi bila bisa menjadi orang baik.
.

Pintar secara otak saja tidak cukup! Kepintaran dan kecerdasan harus seimbang antara intelektual, emosi dan spiritual. Tidak perlu merepotkan diri untuk membuat pencitraan dan dikagumi banyak orang. Kepintaran yang ada adalah semata karunia dari Yang Maha Kuasa. Kita harus bisa memanfaatkannya sebaik mungkin tidak untuk diri sendiri, namun juga untuk banyak orang. Kepintaran yang dipunya hendaknya digunakan sebagai ilmu yang dibagikan pada orang lain dan dianggap sebagai amalan untuk bekal di akhirat kelak. Tentu saja semua itu harus disertai keikhlasan dan hanya mengharap ridhoNya.
.

Semoga yang sedikit ini memberi manfaat.


Nova DW
Nganjuk, 6 April 2017


#PengingatDiri
#Inspirasi


18 komentar:

  1. emang harus balance antara IQ, SQ, EQ & AQ :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbak Herva. Bila semua itu seimbang, maka akan terbentuk mental positif dan insyaaAllah menjadi insan dambaan setiap orang ^^

      Hapus
    2. Bunda, AQ itu apa? Hehe maaf nggak tau. Taunya yg 3 itu doang😁

      Hapus
    3. Aku juga taunya yang 3 itu. Ntar browsing ya, AQ itu apa. Pe er buatku mbak Fitri ^^

      Hapus
  2. Nggak hanya jadi orang pinter, tetapi harus jadi orang bener. Nice post mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju dan sepakat mbak Anik. Orang pinter belum tentu bener, orang bener insyaaAllah pinter ^^

      Hapus
  3. Se7 mbak... Pnter aja tpi sombong gx da mnfaat.. ..biar gx pnter tpi brmnfaat dn saling brbagi kbaikan justru lbih mulia.. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebaik-baik orang adalah yang bermanfaat bagi orang lain ^^

      Hapus
  4. Pintar secara otak memang nggak cukup mba. Aku malah jaid nggak simpatik kalau orangnya tempramen dan attitude tak bagus walau dia pintar :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih baik bersikap baik ya mbak.

      Hapus
  5. Aamiin.
    Setuju banget mbak, apa guna pintar kl tidak manfaat dan hanya bisa sombong. Smg kita tidak masuk golongan itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin... ^^
      Terimakasih sudah mampir, mbak Elva

      Hapus
  6. Setujuuu banget, mbak!
    Alangkah bahagianya jika orang pintar menebar kebermanfaatan untuk umat dan membuat orang-orang di sekitarnya menuju ke arah yang lebih baik.
    Makasih sharingnya ya mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan sebaik-baiknya manusia adalah yang bisa bermanfaat bagi orang lain ^^

      Hapus
  7. setuju bangett sama postingan ini, mantaaaab mba nova :)

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Pastikan Anda mencantumkan nama dan url blog, agar saya bisa berkunjung balik ke blog Anda. Semoga silaturahmi kita terjalin indah ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...