Kamis, 02 Maret 2017

Tips Agar Tetap Semangat Menulis







Ketika memutuskan untuk mempunyai passion dalam menulis, Anda akan melakukan apapun agar hal tersebut terus dilakukan. Namun terkadang ada suatu hal yang menghambat perjalanan menulis menjadi terhalang, tidak terkecuali dengan kemalasan dalam menulis. Bila hal ini dibiarkan, maka cita-cita menjadi seorang penulis akan terhambat, bahkan bisa terhenti ditengah jalan. Tentu hal ini tak ingin terjadi pada Anda, bukan?.
.


Agar semangat menulis tetap ada, berikut ini langkah-langkah yang perlu Anda lakukan, yaitu :

1.       Menulis dari yang sedikit dan sederhana
      Ingatlah bahwa tidak ada yang instan dalam hidup ini untuk menggapai cita. Semuanya butuh proses. Bayangkan saja kita sedang menempuh sebuah perjalanan. Bukankah selalu diawali dari langkah pertama? Begitu juga dalam menulis, Anda butuh langkah pertama untuk mencapai puncak sukses dunia penulisan Anda. Tidak ada cara yang instan. Menulislah dari yang sedikit, meskipun itu sederhana. Lakukan secara terus-menerus.


2.       Menulis ulang
Mungkin Anda tertarik pendapat salah satu penulis. Cobalah amati dan tulis ulang pendapatnya, maka Anda akan ketularan menulis seperti penulis tersebut.


3.       Jangan khawatir
Jangan khawatir tulisan tidak ada yang membaca. Jangan khawatir tulisan dianggap jelek. Jangan khawatir Anda tidak bisa melanjutkan menulis. Tetaplah menulis. Bukankah hidup ini terlalu pendek untuk mengkhawatirkan hal-hal yang tak perlu?


4.       Tekunlah
Tidak ada langkah besar untuk sukses, yang ada adalah dengan langkah kecil yang terus-menerus. . Ingatlah bahwa dengan ketekunan, air yang lembut dapat melubangi batu yang keras. Demikian halnya dengan menulis. Semakin tekun berlatih menulis, maka kesuksesan dalam kepenulisan pasti datang.


5.       Cari teman yang Seirama
Teman yang seirama dapat mendukung dunia penulisan kita. Namun teman yang buruk dapat mengikis kita habis. Dari itu, pilihlah teman Anda dengan bijak. Bergabunglah dalam komunitas yang mendukung kepenulisan Anda.


6.       Membaca
Membaca sangat penting seorang penulis. Bacaan adalah bahan baku, tulisan adalah produk jadinya. Bila tidak membaca maka Anda tidak akan bisa “memproduksi” buku yang baik dan menarik. Stephen King pernah berkata, “Jika Anda tidak punya waktu untuk membaca, Anda tidak akan punya waktu untuk menulis. Sesimpel itu.”


7.       Jangan Mudah Menyerah
Mengawali sesuatu biasanya memang paling sulit. Namun bila tidak ada langkah awal, maka tidak akan ada sesuatu pun yang terjadi, tidak ada satupun tulisan bisa dihasilkan. Hambatan dan kesulitan pasti dialami dalam menulis, tapi jangan mudah menyerah. Tetaplah menulis dan nikmatilah.
.

Tulisan adalah cara berbicara yang tiada rintangannya.
.

Semoga yang sedikit ini memberi manfaat.


#Artikel
#AyoMenulis


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Pastikan Anda mencantumkan nama dan url blog, agar saya bisa berkunjung balik ke blog Anda. Semoga silaturahmi kita terjalin indah ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...