Sabtu, 25 Maret 2017

7 Tips agar Tak Lupa Menikmati Hidup










.
Rutinitas hidup yang itu-itu saja membuat hidup terasa monoton dan membosankan. Kejenuhan seringkali melanda, membuat kita tidak bisa menikmati hidup yang sebenarnya indah. Hal ini bahkan bisa memicu stress. Tentu saja stress akan menghambat aktivitas, pekerjaan, keharmonisan keluarga terganggu, bahkan bisa terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya mendahului takdir Tuhan dengan mengakhiri hidup sendiri. Sungguh ironis, bukan?
.


Banyak anggapan bahwa masa indah hanya milik anak muda saja. Tentu anggapan ini tidak sepenuhnya benar. Semua orang berhak menikmati indahnya hidup. Meskipun terkadang ada hal-hal yang membuat tidak nyaman, jangan biarkan diri larut dalam kesedihan berpanjangan. Tetap luangkan waktu untuk diri sendiri. Beberapa cara berikut bisa membantu Anda untuk tetap bisa menikmati hidup :


1.           Luangkan Waktu untuk Hal yang Disukai
Merasa tidak punya waktu untuk diri sendiri tentu membuat kita seringkali merasa galau. Bahkan untuk sekedar menyalurkan hobi membaca rasanya tak pernah ada waktu untuk itu. Pekerjaan kantor menumpuk, lembur setiap hari di kantor, para Ibu yang seringkali mendapati rumah dalam keadaan tidak pernah rapi, anak-anak yang rewel, masalah antara suami istri, dan sebagainya, membuat pikiran bertambah kalut, jenuh, mudah marah dan gampang merasa capek. Strespun melanda. Mungkin inilah isyarat agar kita istirahat atau berhenti sejenak. Anda harus bisa meluangkan waktu melakukan hal yang disukai agar tubuh dan pikiran menjadi rileks. Lakukan saja hal yang disukai. Misalnya membaca novel dari penulis favorit, atau sekadar jalan-jalan di sekitar tempat tinggal.



2.           Cobalah Menikmati Setiap Langkah Hidup Anda
Tak salah memang bila kita punya impian-impian di masa muda.  Namun jangan lantas menyalahkan keadaan ketika impian-impian itu tidak sesuai yang diharapkan. Nikmatilah setiap langkah yang diambil dan tugas yang sedang dikerjakan. Yang penting bukanlah tujuan dari aktivitas, tapi cara kita menikmati yang dilakukan.



3.           Melakukan Berbagai Aktivitas untuk Menghilangkan Rasa Bosan
Tambahkan sedikit ‘bumbu’ pada aktivitas kita agar tidak merasa jenuh. Antara lain :
-          Matikan TV dan luangkan waktu dengan membaca, menelepon teman atau menikmati masakan sendiri
-          Coba jalur berbeda untuk berangkat dan pulang kerja
-          Menonton konser musik atau film di bioskop
-          Berolahraga.



4.           Hidup dalam Realita
Waktu terus berubah. Wajar bila sesekali ingin menikmati kembali masa-masa saat belum ada tanggungjawab mengikat, baik soal pekerjaan maupun rumah tangga. Bermimpi dan mempunyai cita-cita tinggi tentu sah-sah saja. Namun tetap harus dalam koridor realistis. Jangan sampai terlena dan berlebihan.



5.           Menulis
Cobalah menuliskan keresahan Anda dalam bentuk tulisan. Anggap saja sedang mencurahkan isi hati dalam sebuah diary. Menulis bisa menjadi salah satu terapi jiwa. Anda akan menemukan ketenangan setelah melakukannya.



6.           Tingkatkan Ibadah
Meningkatkan ibadah dan semakin mendekatkan diri padaNya akan membuat hati semakin tenang. Kondisi psikis yang baik, tenang dan menimbulkan kenyamanan akan membuat kita lebih bisa menikmati hidup.



7.           Bersyukur atas Semua yang Dimiliki
Mensyukuri atas semua yang kita miliki saat ini akan membangkitkan semangat untuk menjalani hidup. Coba sesekali merenung, masih banyak saudara kita yang menjalani hidup tidak senyaman dan sebaik yang Anda jalani. Bukankah dengan semakin banyak bersyukur, Tuhan akan memberi kenikmatan lebih, yang tidak kita sangka?

 .

Hidup ini penuh warna. Terkadang badai hujan menghadang. Namun masih ada pelangi menghiasi birunya langit. Ujian dan cobaan yang dialami karena kasihNya, agar kita selalu mendekat dan berserah diri pada Sang Khalik. Hidup terlalu indah bila kita melewatkan dengan terus mengeluh. So, enjoy your life!




Nova DW
Nganjuk, 25 Maret 2017


#Artikel






10 komentar:

  1. Terimakasih Mb...
    Tulisannya bermanfaat banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah. Terimakasih mbak Wid 😊

      Hapus
  2. Alhamdulillah, terimakasih mbak Antika 😊

    BalasHapus
  3. Ini bisa dijadikan acuan dalam menikmati hidup, sangat bermanfaat mbak artikelnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah bila bermanfaat. Terimakasih apresiasinya mbak Elva 😊

      Hapus
  4. Tipsnya sederhana dan bermanfaat banget Nov, makasih ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah bila bermanfaat. Terimakasih sudah mampir 😊

      Enjoy your life, yaa 👍😀

      Hapus
    2. ynag paling saya suka adalah menulis. Sejak kenal enulis, hidup serasa beranfaat, ecieeeh

      Hapus
    3. Keren ... So, menulislah and enjoy your life! ^^

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Pastikan Anda mencantumkan nama dan url blog, agar saya bisa berkunjung balik ke blog Anda. Semoga silaturahmi kita terjalin indah ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...