Sabtu, 25 Februari 2017

Jangan Anggap Remeh Rasa Lelah







Ceritanya, sepulang kerja, saya merasakan rasa lelah yang amat sangat tanpa diketahui sebabnya. Inginnya berbaring saja. Badan terasa lemas, nafsu makan tiada. Hanya minuman hangat yang saya inginkan. Pagi haripun masih belum begitu ingin mengunyah makanan. Bukan bermaksud diet, namun hal demikian tidak boleh dibiarkan berlarut-larut. Bisa membahayakan kesehatan tubuh.
.


Kondisi fisik yang lemah tentu tidaklah bagus. Akan menghambat aktivitas keseharian, termasuk juga menulis. Meskipun pada saat membuat postingan ini keadaan saya masih belum begitu membaik, namun keinginan untuk tetap menulis tak tertahan.
.

Saya pun mencoba mencari tahu, penyebab kondisi tubuh ini. Mungkin saja karena rasa lelah yang berlebih. Dari berbagai sumber yang saya baca, ada beberapa hal yang dapat menyebabkan timbulnya rasa lelah yang berlebih yaitu :
1.       Kurang Tidur
Sehari sebelumnya, saya memang kurang tidur di malam hari. Hanya sekitar 2 jam saja. Menurut info yang saya baca, waktu tidur yang berkurang merupakan faktor yang membuat tubuh semakin lelah. Sebaiknya kita buatjadwal tidur yang teratur dengan lama tidur minimal 6-8 jam sehari.

2.       Kurang energi
Makan terlalu sedikit membuat suplai energy berkurang dan lelah pun timbul. Tapi makan makanan tidak sehat juga sama. Jadi sebaiknya pilihlah menu seimbang yang sesuai dengan kebutuhan kalori anda setiap harinya.

3.       Anemia
Mungkin saya mengalami gejala kurang darah. Menurut sumber yang saya baca, salah satu gelaja kurang darah adalah rasa lelah yang tak mau pergi. Disarankan untuk segera memeriksakan kadar hemoglobin memperbanyak konsumsi daging, hati, buncis dan makanan kaya besi dan bila perlu suplemen besi.

4.       Terlalu banyak kafein
Kafein dalam kopi, coklat, minuman bersoda dan teh memang membuat kita tetap sadar dan waspada, tapi terlalu banyak kafein membuat tekanan darah dan denyut jantung meningkat sehingga timbul rasa lelah. Mulai mengurangi konsumsi kafein adalah langkah yang baik.

Hmm … saya jadi teringat bahwa akhir-akhir ini konsumsi teh dan kopi agak meningkat. Saatnya untuk mengurangi.

5.       Kekurangan cairan
Seringkali karena asyik menulis, saya lupa minum air putih. Saran dari artikel kesehatan yang saya baca, kita harus bisa memastikan konsumsi air minimal 1,5 liter per hari dan tambahkan dua gelas air pada aktivitas yang lebih dari biasanya.

Wah, bisa jadi karena kurang minum air kondisi kesehatan saya tidak bagus, termasuk rasa lelah mendera.


Membaca beberapa gejala di atas yang bisa menimbulkan rasa lelah berlebih, membuat saya mencari informasi lebih lanjut untuk mengatasi masalah kesehatan pada tubuh ini. Dari berbagai sumber yang saya baca, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi rasa lelah berlebih yaitu :

1.       Tidur yang Cukup
Tidur adalah obat paling mujarab untuk menyembuhkan masalah kelelahan dan stres. Mengapa? Karena kelelahan dan stres salah satunya disebabkan oleh kurang tidur atau tidur yang tidak terjadwal dengan baik. Oleh sebab itu, sudah seharusnya kita berusaha untuk mulai mendapatkan tidur malam yang baik, sehingga kelelahan dapat diatasi.
Mayoritas orang dewasa membutuhkan waktu tidur malam sebanyak 7 hingga 9 jam setiap harinya. Berbeda halnya dengan anak-anak yang membutuhkan waktu lebih lama lagi untuk tidur dibandingkan orang dewasa.

2.       Olahraga
Olahraga atau latihan dapat membantu tubuh bekerja dengan konstan. Selain itu, olahraga juga dapat membuat perasaan hati lebih nyaman, sehingga stres dapat dihindari. Lebih dari itu, olahraga diteliti mampu meningkatkan energi tubuh, sehingga kelelahan benar-benar dapat hilang.

3.       Konsumsi makanan yang tepat
Cara makan akan mempengaruhi jumlah energi yang ada pada tubuh sepanjang harinya. Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung protein dan karbohidrat yang seimbang, maka kita akan memiliki energi yang cukup sepanjang hari, sehingga kelelahan dapat di atasi. Selain itu dinajurkan untuk mengkonsumsi jenis-jenis nutrisi lainnya, sehingga kebutuhan tubuh dapat teratasi dan masalah kesehatan, termasuk stres dapat dicegah sedini mungkin.

4.       Manajemen Stres
Stres adalah suatu masalah umum yang hampir semua orang pernah mengalami. Oleh sebab itu, tidak perlu terlalu panik. Karena sebenarnya yang kita butuhkan adalah menurunkan tensi dari stres itu sendiri. Salah satunya adalah dengan melakukan beberapa teknik pengurangan stres, misalnya saja dengan bermeditasi, yoga dan latihan pernafasan.

5.       Jangan Lupakan Sarapan
Dengan sarapan setiap paginya, tubuh akan mendapatkan energi yang cukup untuk dapat melakukan berbagai macam kegiatan, sehingga dapat memerangi kelelahan. Selain itu, sarapan juga menjadi diet yang ampuh untuk mengurangi berat badan. Ketika kita sarapan, maka pada siang hari kita akan lebih sedikit untuk makan. Secara tidak langsung hal ini telah melawan stres, karena bisa jadi stres timbul karena terlalu banyak mengkonsumsi makanan, khususnya junk food.

Tubuh yang lelah dan stres sebenarnya adalah penyakit atau gejala yang muncul sebagai jawaban bahwa pola hidup kita kurang baik. Oleh sebab itu, sudah saatnya mengubah gaya hidup menjadi lebih baik, sehingga badan tetap dalam keadaan yang sehat dan bisa beraktivitas dengan lancar.

(Dari berbagai sumber).



Nova DW
Kota Bayu, 25 Februari 2017



≠Artikel
≠TubuhSehatHidupSehat








2 komentar:

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Pastikan Anda mencantumkan nama dan url blog, agar saya bisa berkunjung balik ke blog Anda. Semoga silaturahmi kita terjalin indah ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...