Selasa, 21 Februari 2017

Jam Berapa?







Suatu saat , seorang teman bertanya pada saya lewat japri (jalur pribadi) di whatsapp. Dia menanyakan tentang cara pengaturan waktu, antara kewajiban sebagai istri dan ibu rumah tangga juga aktivitas di luar rumah sebagai seorang karyawati, namun disela-sela waktu tersebut masih menyempatkan untuk menulis.
.


Pertanyaan yang sebenarnya membuat tersipu malu.  Sebenarnya saya tidak begitu pandai mengatur waktu. Hanya memang , khusus untuk menulis, saya sempatkan, diusahakan. Tidak selalu dalam postingan panjang kali lebar, terkadang hanya update status di media sosial yaitu di facebook dan twitter,  bahkan  sesekali nge-tweet, baik itu hasil tulisan sendiri maupun re-tweet. Saya hanya berusaha membiasakan untuk menulis,
.

Bila ditanya kapan waktu yang tepat untuk menulis, saya tidak bisa menjawab. Terkadang saya menyempatkan untuk menulis di pagi hari (dini hari), kadang sehabis sholat subuh, kadang saat ada sedikit kelonggaran waktu di kantor, kadang saat dalam perjalanan. Tidak selalu harus ditentukan waktunya. Namun sekali lagi, saya usahakan setiap hari menulis.
.

Teman saya lantas mencoba menilai diri sendiri bahwa dirinya yang lebih banyak waktu seharusnya bisa lebih rajin menulis. Pendapat ini bisa dibenarkan. Namun sebetulnya, menulis itu juga soal kuatnya tekad dan niat. Meskipun banyak kesempatan dan kelonggaran waktu untuk menulis namun tidak ada niat maupun aksi, saya jamin keinginan menulis hanya ada di angan.
.

Menulis itu adalah ketrampilan, bukan hanya bakat. Ketrampilan akan semakin baik hasilnya bila terus diasah. Juga konsisten menjalani. Pasti akan ada rintangan saat kita melakukan sesuatu. Pasti butuh perjuangan dalam menggapai cita.
.

Namun rintangan tidak untuk membuat kita berhenti. Setiap kegagalan hanyalah batu loncatan menuju kesuksesan. Pasti akan ada jalan bagi orang-orang yang mau berjuang dan tidak mudah menyerah demi menggapai impian. Setiap orang yang mau berusaha keras, tetap melakukan kebaikan-kebaikan, disertai doa dan keyakinan yang kuat akan keberhasilan, dia akan menjadi orang yang sukses.
.

Semoga yang sedikit ini memberi manfaat.


#SelfReminder
#Inspirasi



4 komentar:

  1. Saya juga tipe org yang gk bisa mencari waktu khusus buat nulis. Kapan ada kesempatan itulah waktunya. Kapan muncul ide itulah saatnya.

    Dan kuncinya memang ada di tekad dan niat.



    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, mas Ibnu. Tekad, niat dan aksi menulis terus :) sampai raga tak sanggup lagi. InsyaaAllah

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Pastikan Anda mencantumkan nama dan url blog, agar saya bisa berkunjung balik ke blog Anda. Semoga silaturahmi kita terjalin indah ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...