Kamis, 26 Januari 2017

Bagaimana Memulainya?






Sebuah chat muncul di whatsapp saya dari seorang sahabat.


“Mbak Nova, nulis itu harus setiap hari ya?”

“Saya itu kalau buat tulisan suka muter-muter. Kasih tips dong Mbak biar lancar nulis.”


Sayapun tersenyum membaca chat tersebut. Sekaligus suka karena sahabat saya mempunyai niat untuk menulis. Suatu hal yang luar biasa ketika seseorang menyediakan waktu dan dirinya untuk belajar hal baru.



Meskipun masih sebagai pemula dan masih minim pengetahuan dalam hal menulis, namun rasa ingin berbagi dengan sahabat saya tadi, dan mungkin juga bisa bermanfaat bagi yang membaca tulisan ini. Menurut saya, ada beberapa tips agar bisa menulis.


1.     Menulislah dengan tema yang disuka
Mulailah menulis dengan tema yang disukai. Misalnya suka menulis dengan tema inspiratif, coba saja menulis dengan tema tersebut, semampu Anda. Apapun yang ada di benak, tuangkan saja dalam bentuk tulisan.


2.     Banyak membaca
Membaca dan menulis itu bagai dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Membaca juga merupakan salah satu cara untuk menemukan ide dalam menulis. Bukankah tidak mungkin kita menulis tanpa membaca?



3.     Amati, Tiru dan Modifikasi
Misalnya kita suka membaca buku-buku karya Tere Liye. Coba amati kata-kata didalam setiap tulisannya. Lantas tirulah gaya menulisnya, lalu modifikasi setiap kalimat yang menarik bagi Anda. Tapi jangan sampai plagiat ya. Hargailah setiap karya orang lain.



4.     Sering menulis dan biasakan
Suatu ketrampilan itu bisa dikuasai bila kita sering berlatih. Termasuk juga menulis. Semakin sering menulis, maka tulisan Anda akan semakin bagus. Jadikan ini sebagai sebuah kebiasaan. Anggap saja tiada hari tanpa menulis. Yakinkan diri bahwa bisa itu karena terbiasa.



5.     Jangan takut
Apapun yang Anda tulis, selama itu tidak mengandung SARA, pornografi dan hal-hal yang tidak pantas untuk dijadikan konsumsi publik, tulis saja. Tidak perlu takut tidak ada yang membaca. Kelak bila tulisan Anda semakin bagus pasti akan ada pembaca yang setia membaca karya Anda.



Menulis itu seperti bicara. Siapapun bisa. Termasuk Anda.


Mengasah kemampuan untuk menulis bisa dimulai dari tulisan sederhana. Siapa tahu, tulisan-tulisan Anda bisa terbit dalam bentuk buku. Menulis buku? Mungkin itu bagai sebuah mimpi.  Tapi, bukankah semua orang berhak punya mimpi? Kenapa tidak berusaha meraih mimpi dan mewujudkannya? Jadi, tunggu apalagi? Menulislah dari sekarang. Kita tidak akan tahu, tulisan kita yang manakah yang akan memberi manfaat bagi orang lain.




#Artikel
#Inspirasi

         

10 komentar:

  1. Prinsip ATm dalam nulis mantab juga ya Mbak, dalam bisnis juga berlaku lho. Salam kenal ya :) makasih sharingnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih untuk apresiasinya Mbak Wahyu. Salam kenal juga :)

      Hapus
  2. Banyak orang yg berhenti mlangkah krn trllu bnyak mikir sblm mmulai..pdahal ya tinggl mulai..tips2 yg mbak paparkan memangkas abis bagi yg takut mlangkah tuk mmulai apalagi mmlai tuk mnulis..nice post mbak..sama2 sering post non fiksi mbak..gambatte..hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekadar sharing berdasar pengalaman pribadi, Mas Rohmat. Alhamdulillah bila bermanfaat.

      Tetap semangat menulis ya :)

      Hapus
  3. Yes! Jangan takut untuk menulis. Itu yang aku terapkan pada diri ini *azeekkk...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asek asek

      Thx ya mbak Asha. Tetap semangat menulis. Dirimu juga salah satu penginspirasi bagiku untuk berkarya 😊

      Hapus
    2. Cie... Emang aku siapa sih mba? sampai-sampai bisa jadi inspirasi buat mba Nov.

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Pastikan Anda mencantumkan nama dan url blog, agar saya bisa berkunjung balik ke blog Anda. Semoga silaturahmi kita terjalin indah ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...