Selasa, 08 November 2016

Review Buku : Komik Perencanaan Keuangan Mr. Edu



Komik Perencanaan Keuangan Mr. Edu
Fresh, Fun and Easy Financial Planning


dok. pribadi





Skrip                                       :     Putri Dewi M.R
Gambar                                  :     Andi Zaenuddin
Penasehat & Editor Isi           :     Mike Rini Sutikno, CFP
Konsep & Editor Bahasa       :     Pramana Sukmajati
Desain                                   :     Media Vista (www.media-vista.com)
Penerbit                                 :     PT Elex Media Komputindo Jakarta
ISBN                                      :     978-979-27-7445-0
Tebal                                      :     119 halaman



A.   Tentang Buku Ini
Buku ini membahas tentang perencanaan keuangan yang disajikan dalam bentuk komik, disertai penjelasan lebih dalam di setiap halaman selanjutnya tergantung topik yang dipaparkan.


Menurut sang pencetus ide yaitu Mike Rini Sutikno, CFP, komik adalah salah satu medium yang membuat otak kanan dan otak kiri bekerja secara bersamaan. Saat kita membaca komik, kedua bagian otak saling bekerja sama menjalin suatu pemahaman antara kata-kata dan gambar.

Ketika dikerjakan dengan baik, komik menghasilkan penjajaran yang luar biasa antara kata-kata dan gambar dengan cara begitu rupa, sehingga pembaca menjadi bagian aktif dari cerita, bukan penerima pasif. Tidak ada pengekangan intelektual dalam komik. Pembaca bisa menganggapnya sekadar hiburan atau menjadikannya sebagai bahan perenungan dalam cara yang tidak pernah dilakukan sebelumnya.

Komik financial planning Mr. Edu adalah sebuah perwujudan imajiasi dan visi Mike untuk mewujudkan Financial Freedom for Indonesia.

B.   Suka Buku Ini
Penyajian cerita dalam bentuk komik menjadikan buku ini memberikan keasyikan tersendiri. Tidak seperti umumnya buku dengan tema financial planning,yang biasanya banyak memaparkan teori-teori dan angka-angka dan seringkali membosankan bagi pembaca.

Topik-topik yang disajikan sangat menarik dengan sasaran pembaca dari kalangan manapun, mulai dari anak kos, lajang, pekerja kantoran hingga ibu rumah tangga. Tema yang disajikan cukup beragam, misalnya tentang persiapan dana pendidikan anak, asuransi, KPR, investasi bahkan engelolaan kiriman orangtua kepada anaknya yang sedang kos diluar kota.

Penyajian gambar dan kata-kata dalam komik serta penjelasan mendalam di tiap topik dengan bahasa yang ringan, jelas dan mudah dipahami siapa saja menjadi salah satu poin menarik dari buku ini.

C.   Tidak Suka Buku Ini
Secara keseluruhan, komik ini menarik dari segi apapun, baik gambar, kata-kata maupun pembahasan mendalam di tiap topik bahasan. Hanya saja pada pembahasan topik seringkali terdapat kerapatan paragraf dan ukuran font yang digunakan relatif kecil hingga sedikit membuat mata menjadi sakit. Saya juga tidak menemukan tahun penerbitan komik ini.

D.   Ringkasan Opini
Buku dalam bentuk komik ini perlu dan penting dibaca bagi siapa saja. Penyajian dalam bentuk komik, menjadikan buku ini mempunyai keunggulan dibanding buku dengan tema sejenis yang sarat dengan teori dan angka-angka, yang bisa jadi membosankan bagi pembaca. Selain itu, penggambaran tokoh beserta dialog serta gambar yang ditampilkan mewakili karakter yang ada ditengah masyarakat kita. Penjabaran tema lebih mendalam yang sarat dengan edukasi membuat komik ini layak untuk menambah koleksi bacaan Anda.

E.   Rating
4/5



#OneDayOnePost
 





9 komentar:

  1. keren nih buku perencanaan keuangan bergaya komik ya, jadi bisa mudah dipahami :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya ... penyajian dalam bentuk komik membuat kita jadi lebih mudah memahami dan membacanya menjadi tidak membosankan :)

      Hapus
  2. Jadi pinisirin sama bukunya Mba hehe. ..

    Tulisan yang bagus dan bermanfaat ...
    Thanks Mba 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah bila bermanfaat review ini. Buku dengan penyajian dalam bentuk komik ini tidak membosankan untuk dibaca, Mbak. Menarik juga penyajiannya. Edukasinya dapet :)

      Hapus
  3. Bisa jadi referensi ini.
    Hunting ah ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak rugi kok Mas Heru baca buku ini. Selamat berhunting ria :)

      Hapus
  4. apapun kalo dijadikan komik jadi asyik. kayak buku dieter yang disajikan dalam bentuk komik. realita yang ada terpampang nyata

    BalasHapus
    Balasan
    1. Membaca jadi asyik dan tidak membosankan, inginnya menuntaskan bacaan. Betul, nggak, Mbak Febis? ^-^

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Pastikan Anda mencantumkan nama dan url blog, agar saya bisa berkunjung balik ke blog Anda. Semoga silaturahmi kita terjalin indah ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...