Rabu, 30 November 2016

Jangan Takut Berbuat Salah!



sumber foto : google




Postingan ini terinspirasi kala menjawab tantangan Program One Day One Post untuk membuat tulisan tapi tidak boleh diedit. Se-typo apapun tulisan itu.


Sempat bingung juga mau nulis apa. Ya, akhirnya, saya nulis saja apa yang ada di benak saat itu. Dan itu adalah pertama kalinya menulis dengan banyak typo dan di-share ke publik. Bayangkan saja, tulisan yang berantakan, banyak kesalahan ketik, tidak memperhatikan kaidah tata bahasa malah dibaca banyak orang (pede banget saya, banyak yang baca postingan tersebut).


Selasa, 29 November 2016

REVIEW BUKU ORANG-ORANG KOTAGEDE




dok. pribadi






Judul                   :      ORANG-ORANG KOTAGEDE
Penulis                 :      Darwis Khudori
Tahun terbit         :      2000
Desain cover        :      Si Ong
Pracetak              :      Happy el Rais, Ari YA, Rh. Widada, Latifah, Heriyanto
Penerbit               :      Yayasan Bentang Budaya, Yogyakarta
Nomor                 :      YBB. 087.00





Buku dengan judul Orang-orang Kotagede ini merupakan kumpulan cerpen karya Darwis Khudori. Seorang penulis yang juga seorang pengajar dan peneliti. Namanya tidak asing di media massa Indonesia pada tahun 70-an.

Senin, 28 November 2016

Jagan Diedit!





Baru baca judulnya aja udah bikin aku deg-degan! Gimana tidk? Tulisanku tidak boleh diedit kali ini. Stypo-typonya.

Hmmm… ini bermula kala aku baru sempat baca chat di grup ODOP semalam. Bacanya baru tadi pagi karena aku udah tepar aja semalam, jadi baru sempat baca

Bermuka Dua





Pernahkah teman-teman bertemu seseorang atau beberapa orang bermuka dua? Manis sikapnya di hadapan kita, namun menusuk dari belakang. Menyakitkan!

Rasanya geregetan, jengkel bukan kepalang, dan ingin menjauh saja dari orang-orang seperti itu! Namun apa daya, mereka ada di dekat kita, mungkin saja salah satu ada dua adalah orang-orang terdekat kita, bahkan saudara sendiri! Duh!

Jumat, 25 November 2016

Writing Tresno Jalaran Soko Kulino





Judul di atas memang saya plesetkan dari filosofi Jawa yaitu witing tresno jalaran soko kulino, hanya ada penambahan huruf ‘r’ pada kata “witing” sehingga berubah menjadi “writing” yang bila diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia artinya kecintaan pada menulis akan tumbuh karena terbiasa.

Kamis, 24 November 2016

Pentingkah Mengganti Nama Domain?


sumber foto : google
 
Seringkali aku dipanggil dengan nama domain pribadi. Maksudnya? Ya, banyak teman blogger yang sering memanggilku dengan ‘nodiwa’ yang merupakan nama domain di blog pribadi ini.

Rabu, 23 November 2016

Menjaga Lisan


 
sumber foto : google

Suatu hari, saat akan menjemput anak pulang dari sekolah, saya mengalami kejadian yang membuat diri lebih berintrospeksi. Saat itu, di sebuah perempatan lampu merah, diantara barisan pengendara mobil dan motor, ada peristiwa yang membuat saya tercengang.

Selasa, 22 November 2016

Review Buku Rumah di Surga



dok. pribadi


Judul                 :   Rumah di Surga
Penulis               :   BintangWijaya
Penerbit             :   PT Elex Media Komputindo, Jakarta
Tahun Terbit       :   2013
ISBN                 :   9786020210469


Buku dengan judul Rumah di Surga merupakan kumpulan cerpen yang ditulis dalam bentuk antologi, tentang rumah dan beragam cerita didalamnya. Tiap cerita dengan inspirasi yang bisa diintip lewat jendela, tentang kisah yang bergulir di bawah atap, melekat di dinding dan direnda oleh emosi para penghuninya.

Senin, 21 November 2016

Tak Sebebas Merpati



sumber foto : google


Judul postinganku kayak judul lagu ya? Hehe … Tak apalah bila dianggap begitu. Anggap saja memang begitu (#berasa maksa nggak?).

Sesekali menulis bergaya curhatan tak mengapa, bukan? Dan, pasti ada yang menduga. Tulisanku kali ini mewakili curhatan para emak. Hehe. Memang!

Jumat, 18 November 2016

Mengobati Luka Batin





sumber foto : google


Hidup tak selamanya tentang kesenangan, kedamaian hati, namun terkadang ada luka menyapa. Mungkin Anda juga pernah mengalaminya. Saya juga. Terkadang meratapi nasib yang dirundung kemalangan dan membiarkan luka batin terus menghinggap.

Kamis, 17 November 2016

7 Kebiasaan Blogger Pemula yang Harus Dihindari



sumber foto : google



Postingan kali ini tentang awal mula saya ngeblog. Sebagai blogger pemula, keingintahuan sangat besar namun sering mengabaikan hal-hal yang tidak seharusnya dilakukan.  Hal ini baru saya sadari setelah beberapa saat ngeblog.


Kebiasaan-kebiasaan yang tentu tidak untuk ditiru ya, teman-teman. Saya menulis postingan ini selain untuk berbagi, namun juga sebagai evaluasi diri sebagai blogger pemula. Berikut ini beberapa kebiasaan yang pernah saya lakukan sebagai blogger pemula, yaitu :

Rabu, 16 November 2016

Cermin Diri



sumber foto : google


Cermin merupakan sebuah alat yang penting bagi kita. Bisa dibayangkan, kalau tidak ada cermin, kita tidak tahu, apakah tatanan rambut dan pakaian sudah rapi, atau tidak tahu ada jerawat mungil yang dengan santainya muncul di ujing hidung, membuat gemas ingin menyingkirkan.

Selasa, 15 November 2016

Review Film The Ghost Writer



sumber foto : google



Sebetulnya saya bukan penggemar berat film. Kebetulan saja ingin sekali melihat film dengan judul The Ghost Writer ini. Penasaran dengan seorang Ghost Writer (penulis bayangan), yang mungkin saja bisa menjadi salah satu profesi  yang bakalan saya lirik (ehem).

Senin, 14 November 2016

Profilku (dalam narasi)



dok. pribadi


Novarina Dian Wardani adalah nama lengkap yang diberikan oleh orangtuaku, lahir di Kota Angin, Nganjuk, pada tanggal 23 November 1978.

Aku menetap di Nganjuk dan bekerja sebagai staf di Pemerintah Kabupaten Nganjuk.

Aktivitas sebagai istri, Ibu sekaligus sebagai abdi Negara tak menghalangiku untuk tetap menulis. Meskipun awalnya hanya sekedar hobi dan media mencurahkan isi hati di buku harian, namun sejak awal tahun 2016 ini, bertekad dan memberanikan diri untuk memposting tulisan di beberapa akun media sosial yang dimiliki.

Jumat, 11 November 2016

Menciptakan Kenyamanan Berkomunikasi dengan Pasangan



sumber foto : google


Beberapa permasalahan rumah tangga kerapkali terjadi karena kurangnya komunikasi yang baik antara suami dengan istri. Hal ini bisa menjadi sebuah bumerang dalam suatu ikatan pernikahan. Bila dibiarkan berlarut-larut akan mengakibatkan hal-hal yang tidak diinginkan.

Kamis, 10 November 2016

Pentingnya Membuat Jadwal Postingan di Blog



sumber foto : google

Kebuntuan ide seringkali menghinggapi ketika akan membuat postingan di blog. Meskipun semangat sudah menyala, namun ketika ada di depan laptop, tiba-tiba saja apa yang terlintas malah hilang. Bahkan setelah sekian menit terpekur, masih tak satupun huruf muncul di layar monitor. Tentu bukan hal yang baik bagi seorang blogger, apalagi pemula sepertiku, yang ingin menjadi blogger yang konsisten lewat tulisan-tulisannya yang bermanfaat.

Rabu, 09 November 2016

Lampu Merah



sumber foto : google

Anda  tentu sering mengalami ketika sedang dalam perjalanan, di sebuah perempatan harus berhenti karena traffic light menunjukkan warna merah. Anda pun harus mematuhi peraturan lalu lintas tersebut.

Namun tak jarang, ada saja orang-orang yang tidak patuh akan aturan. Dengan dalih terburu-buru, atau memang sengaja melakukan pelanggaran. Tidak hanya satu dua pengendara yang tidak mematuhinya. Bisakah Anda bayangkan, bila semua pengendara tidak mau berhenti ketika lampu merah sudah menyala?

Selasa, 08 November 2016

Review Buku : Komik Perencanaan Keuangan Mr. Edu



Komik Perencanaan Keuangan Mr. Edu
Fresh, Fun and Easy Financial Planning


dok. pribadi





Skrip                                       :     Putri Dewi M.R
Gambar                                  :     Andi Zaenuddin
Penasehat & Editor Isi           :     Mike Rini Sutikno, CFP
Konsep & Editor Bahasa       :     Pramana Sukmajati
Desain                                   :     Media Vista (www.media-vista.com)
Penerbit                                 :     PT Elex Media Komputindo Jakarta
ISBN                                      :     978-979-27-7445-0
Tebal                                      :     119 halaman



A.   Tentang Buku Ini
Buku ini membahas tentang perencanaan keuangan yang disajikan dalam bentuk komik, disertai penjelasan lebih dalam di setiap halaman selanjutnya tergantung topik yang dipaparkan.

Senin, 07 November 2016

Kolam Ikan

dok. pribadi



“Bun … lihat, ikannya banyak, warna-warni,” seru Rafa kala melihat ikan-ikan di kolam milik salah seorang teman. Saat itu kami sekeluraga bersilaturahmi kesana.

Pandangan Rafa hanya tertuju dan tak sekalipun beranjak dari kolam. Kedua bola matanya yang bulat bergerak mengikuti kemanapun ikan-ikan itu berenang.

Jumat, 04 November 2016

Dalam doa






Dalam mendung menggelayut
Dalam hening terpagut
Dalam sepi berkabut
Dalam harap yang tak pernah surut


Anginpun membisu
Daun-daunpun gugur
Terpekur dengarkan suara-suaramu
Khidmat dalam doa-doamu


Di  sana langkah-langkah panjang
Gema takbir berkumandang
Melawan gerbang kemunafikan
Berharap keadilan akan datang


Kota Angin, 04112016


Kamis, 03 November 2016

Saat Berada di Ketinggian






Barangkali pernah atau bahkan sering, diantara kita berada dalam sebuah pesawat untuk sebuah keperluan. Berkawan langit yang setia menemani. Apa yang Anda rasakan saat berada di ketinggian? Apa yang ada di benak ketika pandangan mengarah ke bawah?

Rabu, 02 November 2016

Kualitaskan Dirimu dengan Berkata Baik





Pernah membaca istilah ‘kita yang menjalani , orang lain yang mengomentari’?  Kalimat yang sering kita baca di beberapa akun sosial media. Atau barangkali kita sendiri pernah menuliskannya.  

Biasanya karena sedang galau atau lagi jengkel dengan ulah seseorang yang bisanya mengomentari diri kita. Betul apa tidak? Jujur, saya pun pernah merasa jengkel bila diperlakukan seperti ini. Saya yang ngejalanin, orang lain yang berkomentar sana-sini. Bete? Jelas!

Selasa, 01 November 2016

Bahagia itu Pilihan





Seringkali kita merasa bahwa hidup tidak bahagia. Menganggap bahwa hidup orang lain yang lebih bahagia.  Melihat orang lain memiliki rumah yang bagus dan mewah, punya mobil yang keren, pekerjaan mapan dengan gaji menggiurkan, istri yang cantik, suami yang ganteng, anak-anak yang lucu dan menggemaskan, sering melihat orang lain jalan-jalan bahkan melancong ke luar negeri dan berbagai hal yang menurut kita bisa membuat bahagia.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...