Senin, 17 Oktober 2016

Komunikasi yang Efektif





Hari ini aku belajar tentang arti sebuah komunikasi. Ya, komunikasi. Sebuah kata yang apabila kita tidak bisa menggunakannya seefektif dan seefisien mungkin akan menimbulkan kesalahpahaman.

Komunikasi yang efektif tidak hanya dalam bentuk bahasa secara visual namun bisa juga dalam bentuk tulisan.

Misalnya, ketika akan menyampaikan sebuah berita pada seorang teman melalui telepon. Alangkah baiknya menggunakan bahasa yang sopan, jelas intonasi dan kalimatnya serta kata-kata yang tidak menyinggung perasaan si penerima berita. Hal ini sekaligus menunjukkan bahwa kita mempunyai attitude yang baik perihal komunikasi dengan orang lain.

Begitu pula ketika menyampaikan sesuatu dengan menggunakan bahasa tulisan. Gunakanlah kata-kata yang mudah dipahami, jangan terlalu banyak menggunakan kalimat yang disingkat apalagi bahasa alay. Pastikan bahwa si penerima berita memahami dengan betul maksud dari tulisan tersebut.

Komunikasi yang efektif bisa terjadi ketika masing-masing pihak yang terlibat, baik pemberi informasi maupun penerima informasi sama-sama saling memahami isi dan maksud dari informasi yang disampaikan, dan tidak terjadi kesalahpahaman sehingga tujuan akan informasi dimaksud dapat tercapai. 

Semoga bermanfaat.


#OneDayOnePost

2 komentar:

  1. Balasan
    1. Saya juga yang salah menafsirkan, mbak Wid.

      Tak apa, biar saya makin rajin nulis, nambah postingan hehe. :)

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Pastikan Anda mencantumkan nama dan url blog, agar saya bisa berkunjung balik ke blog Anda. Semoga silaturahmi kita terjalin indah ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...