Senin, 08 Agustus 2016

JADILAH TUAN RUMAH YANG BAIK!



Suatu ketika, kita pasti menjadi tuan rumah untuk sebuah acara, entah arisan di lingkungan, reuni teman sekolah, bahkan ketika kita sendiri mempunyai hajat, misalnya mengkhitankan atau  menikahkan anak. 



Tentu akan menemui berbagai kerepotan dalam mempersiapkan acara tersebut, baik kelengkapannya maupun mempersiapkan diri sendiri untuk menjadi tuan rumah yang baik.

Terkadang fokus kita hanya pada persiapan kelengkapan acara, namun kurang memperhatikan persiapan untuk diri sendiri. Hal ini bisa menimbulkan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan sehingga bisa mengganggu jalannya acara hanya karena kita tidak bisa menjadi tuan rumah yang baik.

Untuk menjadi tuan rumah yang baik, ada beberapa hal yang perlu dilakukan yaitu:
1.  Jaga sikap Anda
Tunjukkan bahwa Anda adalah pribadi yang menyenangkan dan ramah pada semua orang  tanpa membedakan status sosial dari para undangan. Anda harus bisa menghormati mereka. Meskipun mungkin Anda pernah berselisih paham dengan salah satu tamu, kesampingkan keegoisan Anda.  Tunjukkan bahwa Anda bisa menjamu tamu dengan baik.

2.  Catat secara detail persiapan yang diperlukan
Jangan lupa untuk mencatat secara detail persiapan apa saja yang diperlukan untuk pelaksanaan acara. Jangan sampai karena satu hal kecil yang terlewat, misalnya ketidakhadiran pembawa acara, bisa membuyarkan acara Anda.

3.  Perhatikan menu atau hidangan yang disajikan
Hidangan menjadi poin penting yang harus diperhatikan. Sajikan beberapa hidangan yang bisa dinikmati semua kalangan, baik dewasa maupun anak-anak.

4.  Hindari memajang perabot yang tidak perlu
Tidak perlu menunjukkan sikap pamer saat Anda memajang barang kesayangan yang membuat decak kagum para tamu. Lebih baik disingkirkan dahulu.  Sikap Anda yang menyenangkan lebih penting bagi mereka.

5.  Perhatikan keselamatan tamu
Anda harus tetap waspada atas kejadian yang tidak diinginkan. Contoh kecil saja, jangan sampai ada genangan air yang bisamembuat tamu tergelincir, hanya karena Anda tidak sempat mengepel lantai rumah.

Menjadi tuan rumah yang baik itu sangat penting.  Apalagi Anda bisa menunjukkan sikap yang baik, para tamu pasti akan terkesan dan memberi nilai lebih untuk pribadi yang menyenangkan seperti Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Pastikan Anda mencantumkan nama dan url blog, agar saya bisa berkunjung balik ke blog Anda. Semoga silaturahmi kita terjalin indah ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...