Jumat, 15 Juli 2016

PERSIAPAN MENYAMBUT TAHUN AJARAN BARU




Tahun ajaran baru sebentar lagi dimulai. Mulai dari jenjang paling awal memasuki dunia pendidikan, yaitu mulai tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) hingga jenjang Sekolah Menengah Umum (SMA) atau yang sederajat. Untuk tahun ini, ajaran baru akan dimulai pada hari Senin, 18 Juli 2016.


Berbagai persiapan tentu diperlukan para orangtua untuk menyambut tahun ajaran baru bagi putra-putrinya. Mungkin ada beberapa orangtua yang mengalami kebingungan untuk mempersiapkan perlengkapan dan peralatan sekolah sang buah hati. Beberapa kebutuhan ini tentu akan diikuti pula dengan pengeluaran sejumlah uang. Dalam hal ini, sebagai orangtua, tentunya Anda harus bijak dalam mengelola uang untuk memenuhi kebutuhan sekolah anak.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika menyambut tahun ajaran baru, antara lain :
1.  Pastikan anak sudah terdaftar di sekolah yang dituju
Memastikan bahwa anak sudah terdaftar di sekolah yang dituju untuk menempuh jenjang pendidikan merupakan langkah awal yang harus dilakukan orangtua. Jangan sampai karena kesibukan, kita lalai akan kewajiban memperhatikan pendidikan anak. Hal ini tentunya dilakukan jauh-jauh hari ketika pendaftaran sekolah dimulai.

2.  Siapkan dana untuk membeli perlengkapan sekolah
Bagi sebagian orangtua, terutama yang buah hatinya memasuki jenjang pendidikan lebih tinggi dari sebelumnya, misalnya dari jenjang TK ke SD, tentu persiapan kebutuhan perlengkapan sekolahnya berbeda. Siapkan dana untuk membeli beberapa perlengkapan sekolah, misalnya buku tulis dan alat tulis. Tidak perlu mewah, yang penting bermanfaat. Sebagai orangtua, kita harus bijak dalam mengelola uang untuk memenuhi kebutuhan anak .

3.  Pastikan kelengkapan seragam
Sebaiknya Anda memastikan kelengkapan seragam buah hati jauh-jauh hari sebelum tahun ajaran baru dimulai. Bila ada Ibu yang bisa menjahit sendiri, tentu ini akan lebih menghemat pengeluaran untuk keperluan baju seragam. Bila harus membeli, tidak perlu membeli di mall-mall yang tentu harganya jauh lebih mahal. Anda bisa membeli di took perlengkapan sekolah yang harganya relatif lebih murah.Hal ini biasanya diperlukan bagi anak-anak yang sekolah di sekolah negeri. Untuk sekolah swasta, sudah merupakan satu paket. Pastikan bahwa seragam sudah siap untuk dipakai dihari pertama buah hati bersekolah.

4.  Jalin komunikasi dengan pihak sekolah bila ada kendala
Hal yang wajar ketika orangtua mengalami kebingungan ketika buah hati akan memasuki hari pertama bersekolah. Ada yang khawatir nanti anak akan rewel, tidak bisa berbaur dengan teman-teman barunya, bahkan tidak mau masuk ke kelas. Untuk itu diperlukan komunikasi antara orangtua dengan pihak sekolah untuk mengantisipasi beberapa kendala yang bisa saja terjadi di hari pertama anak bersekolah.

5.  Siapkan mental anak untuk memasuki sekolahnya yang baru
Mempersiapkan mental anak ketika akan memasuki sekolahnya yang baru sangat diperlukan. Berikan motivasi dan semangat bahwa anak akan bersekolah di sekolah baru, bertemu teman-teman dan guru-guru baru, akan menemui pelajaran-pelajaran baru yang seru dan mengasyikkan.

6.  Antarlah anak di hari pertama masuksekolah
Sesibuk apapun Anda, antarlah anak di hari pertamanya bersekolah.Ini merupakan salah satu bentuk dukungan, motivasi dansemangat bagi anak untuk memasuki dunia baru dalam kehidupannya. Bahkan, pemerintah telahmendukung program mengantar anak di hari pertama mereka bersekolah dan memberikan dispensasi waktu bagi orangtua yang bekerja, baik untuk pegawai negeri maupun swasta.

Itulah beberapa langkah yang diperlukan untuk mempersiapkan buah hati menyambut tahun ajaran baru. Semoga bermanfaat.
           
           
           


           

4 komentar:

  1. Tips nya oke mbak, soal seragam emang kalo bisa jauh hari udah disiapkan... baru hari Minggu kemarin beli seragam, ternyata pasarnya penuh... semua orang pada nyari seragam hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa mbak Retno, aku juga melihat sendiri, toko-toko dan pasar-pasar yang menjual seragam sekolah terlihat penuh hehe

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Pastikan Anda mencantumkan nama dan url blog, agar saya bisa berkunjung balik ke blog Anda. Semoga silaturahmi kita terjalin indah ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...