Senin, 02 Mei 2016

MENULIS ITU BERBAGI



Masih banyak diantara kita yang merasa kesulitan untuk mulai menulis. Mayoritas memberikan alasan tidak punya ide untuk menulis. Padahal, bila mau jeli dan menyadari, ide menulis itu ada di sekitar kita. Tidak perlu berpikir jauh-jauh. Apa yang dialami oleh kita, atau pengalaman pribadi, bisa dijadikan sumber ide atau bahan menulis buat kita.

Misal ada seorang ibu rumah tangga namun memiliki minat yang tinggi untuk menulis. Dia bisa  membuat tulisan misalnya tentang bagaimana cara mengasuh anak usia pra sekolah, tips membuat permainan yang menyenangkan agar anak tidak bosan di rumah, atau kiat menghadapi anak yang rewel. Bisa juga menulis tentang persiapan apa saja yang diperlukan kala anak memasuki usia sekolah. Bahkan, bagi ibu yang gemar memasak, bisa berbagi resep masakan favorit dengan menuliskan kembali resep-resep tersebut melalui akun media sosial, misalnya.

 Menceritakan kembali berbagai pengalaman pribadi tentu lebih mudah dibandingkan menceritakan pengalaman orang lain. Namun tidak menutup kemungkinan menulis dengan bahan tulisan berdasar pengalaman orang lain juga bisa dilakukan seorang penulis. Tentu hal ini dilakukan dengan seijin dan kesediaan dari para narasumber yang bersedia pengalamannya untuk dibagi kepada masyarakat luas.

Pada intinya, menulis adalah berbagi. Berbagi cerita kehidupan. Setiap individu mempunyai jalan cerita dengan keunikan tersendiri. Dengan menulis, kita bisa berbagi pengalaman hidup kita dengan orang lain dan berharap, orang lain atau pembaca bisa mengambil ibrah (manfaat) dari tulisan-tulisan kita. Untuk itulah, isi dari tulisan-tulisan kita hendaknya yang bermanfaat juga untuk menebarkan kebaikan.

 Jadi, menulislah untuk berbagi dan jadilah insan yang bermanfaat bagi yang lain.


#BelajarBikinODOP
#H-16



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Pastikan Anda mencantumkan nama dan url blog, agar saya bisa berkunjung balik ke blog Anda. Semoga silaturahmi kita terjalin indah ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...