Selasa, 10 Mei 2016

JANGAN SEMBARANGAN DENGAN TELINGAMU !



Kali ini aku ingin berbagi pengalaman saat telingaku bermasalah hingga harus ada tindakan dari dokter. Itu adalah pengalaman pertamaku saat berkunjung ke dokter spesialis THT (Telinga, Hidung, Tenggorokan).

Pada awalnya, telingaku yang sebelah kiri seperti kemasukan air dengan jumlah cukup banyak. Mungkin tanpa kusadari, saat mandi dan keramas, aku begitu bersemangat mengguyur air ke seluruh tubuh, hingga tanpa kusadari banyak air yang masuk ke dalam telingaku. Saat itu, aku mencoba memiringkan kepala, berharap air bisa keluar, namun usahaku tak berhasil.

Upaya lainnya, aku mencoba mengeluarkan air dengan cutton bud, namun tidak berhasil juga. Pernah juga aku olesi cutton bud dengan sedikit minyak tawon, masih belum berhasil juga. Yang ada malah telingaku jadi sakit sekali. Bahkan kepalaku diserang rasa sakit yang luar biasa. Aku juga memberi obat tetes telinga, namun sakit di telingaku belum reda juga.


Akhirnya, kuputuskan pergi ke dokter spesialis THT di kotaku. Beliau termasuk dokter senior. Aku mendaftar dan kebetulan menjadi pasien pertama sore itu. Setelah sekitar 15 menit menunggu, aku pun masuk ruang prakteknya. Di dalam sudah ada sang dokter dan istrinya.

Saat awal tindakan, aku mengeluh sakit banget. Dokter pun bertanya, apa telingaku jadi diobati apa tidak. Aku pun menjawab iya. Dengan menahan sakit yang amat, sambil terus menyebut namaNya dan beristighfar, aku jalani proses pengobatan telingaku. Lebih dari setengah jam, akhirnya proses menyakitkan itu selesai juga.

Hasilnya, dari alat semacam bor yang tentu khusus untuk tindakan pada telinga pasien, keluarlah tiga kotoran telinga sebesar pentol korek api. Aku merasakan sakit karena kotoran telinga terdorong ke dalam hingga timbul gesekan dan menyebabkan luka. Dorongan tersebut  karena aku terlalu sering menggunakan cutton bud. Dokter menjelaskan, kita tidak boleh sembarangan membersihkan telinga dengan menggunakan cutton bud, karena, bila ada kapas cutton bud yang tertinggal di dalam telinga, itu bisa berbahaya. Tindakanku menggunakan cutton bud ternyata mendorong yang kita anggap kotoran justru masuk ke dalam. Yang kita anggap kotoran itu merupakan pelindung telinga kita, jangan terlalu dibersihkan.

Dari pengalamanku ini, sedikit aku ingin berbagi tips kala mendapati telinga kita kemasukan air, antara lain :

1.
         Cobalah memiringkan kepala agar air yang masuk ke dalam telinga bisa keluar.
2.         Jangan menggunakan cutton bud secara berlebihan, karena tindakan itu bisa menyebabkan kotoran yang ada dalam telinga semakin terdorong ke dalam.
3.         Jangan terlalu sering membersihkan telinga, karena yang kita anggap kotoran itu juga jadi pelindung telinga kita.
4.         Segeralah pergi ke dokter spesialis THT saat keluhan dalam telinga tidak kunjung reda.
5.         Berhati-hati kala mengguyur air kala mandi. Pastikan tidak ada air yang masuk ke dalam telinga.



Itulah pengalamanku saat aku sakit pada telingaku. Semoga bermanfaat :-)




#BelajarBikinODOP
#H-9

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Pastikan Anda mencantumkan nama dan url blog, agar saya bisa berkunjung balik ke blog Anda. Semoga silaturahmi kita terjalin indah ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...