Kamis, 26 Mei 2016

JANGAN BERHENTI!




Masih sering mengalami kegalauan ketika hendak menulis? Sama! Hehe ... Aku pun masih sering merasakan begitu.

Bahkan ketika sudah melewati program menulis mandiri dengan belajar bikin ODOP, masih saja merasa kesulitan ketika hendak menulis. Bingung mau nulis apa!
Seperti saat ini, aku merasa, menulis seperti curhat ndak jelas. Pingin sih, menulis yang bertema. Tapi entahlah, masih belum bisa.


Ada nasehat dari seorang teman, tetaplah menulis. Menulis apa saja, yang penting menulis.
Kadangkala aku ingin menulis dengan style seperti seseorang. Kadang ingin menulis cerpen, opini, puisi dan belajar bikin artikel. Namun setelah aku baca, tulisan-tulisanku malah berkesan seperti curahan hati ndak jelas, macam menulis di diary.

Seperti saat ini. Ini kan sama aja dengan curhat? :( 

Padahal, aku udah diberi masukan juga ama salah satu teman yang kuanggap pemerhati blog aku (ciee ...), bahwa, aku tetap menulis saja. Banyak berlatih menulis. Biarkan tulisanmu mengalir. Dengan banyak berlatih menulis, nanti akan bisa memperbaiki kualitas tulisan. Jangan berhenti belajar dan berlatih. Kelak, suatu saat, akan ada pembaca yang suka dengan gaya menulismu.

Nasehat lain, adalah, boleh mencari panutan, tapi menulislah dengan gayamu sendiri. Jangan terpengaruh orang lain hanya karena takut tidak diakui. Teori menulis bisa ditiru, tapi tidak dengan gayamu. Karena gaya menulis itu refleksi dari kepala dan jiwa, bukan sekedar rentetan kalimat tanpa makna, demi tuntutan dari luar. Tulis juga apa yang kau rasakan, bukan hanya sekedar yang kau pikirkan. Balut tulisanmu dengan kepribadianmu, Insya Allah itu membuatmu "beda". Karena pada akhirnya, orang lain yang akan menilai dan merasakan sentuhan tulisanmu. Setuju?  
#pesan di akun media sosial



#TetapMenulis
#NasehatDiri



3 komentar:

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Pastikan Anda mencantumkan nama dan url blog, agar saya bisa berkunjung balik ke blog Anda. Semoga silaturahmi kita terjalin indah ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...