Jumat, 13 Mei 2016

BUKU ANTOLOGI PERTAMAKU




Yihhaaa ... eh. Alhamdulillah, akhirnya tulisanku (cerpen) pertama kalinya bisa terbit. Meski bukan buku solo, tapi aku cukup bahagia dan ahh ... ndak bisa diungkap dengan kata deh.
Ini buku antologi pertamaku, temanya cinta. Cover buku judulnya 'Sebab Nanti', sesuai judul salah satu cerpen di buku antologi tersebut.


Meski bertema cinta, tapi cerita-cerita di dalamnya tidak berkisah tentang percintaan yang isinya tentang pacaran lo. Banyak cerita tentang cinta pada saudara, pada orangtua, bahkan kebanyakan isinya tentang cinta yang sedih.

Seperti cerpenku. Isinya tentang seorang gadis yang ditinggal begitu saja dengan orang yang sok perhatian padanya, hanya karena gadis itu pincang.

Aku tak menyangka cerpenku bisa lolos lo. Padahal cerpen-cerpen yang lain jauh super duper keren.


Cerpenku ini merupakan tulisan pertamaku. Awalnya aku nulis ada lo, sampai 6 halaman. Namun, setelah dapat kritik dan saran, cerpenku tinggal 3 halaman. Huhu ... sedih pastinya.

Tapi, seseorang yang kusebut mentor terus menyemangatiku. Bila ingin cerpenku bisa lolos seleksi, aku harus mau memperbaiki cerpenku. Antara lain :
1. Buang kata yang tidak penting tanpa merubah makna
2. Opening jangan bertele-tele
3. Perhatikan paragraf
4. Perhatikan tanda baca
5. Penokohan cerita harus kuat
6. Perhalus kalimat
7. Perhatikan diksi yang kurang
8. Harus mau edit tulisan dengan mandiri
Banyak ya ?

Awalnya sih kesel juga, udah capek-capek nulis, eh ... segampang itu mentor ngebuang paragraf-paragraf cerpenku. Yaa, maklum, newbie, belum pengalaman nulis dan mentoring.

Namun, demi bisa bikin cerpen yang bagus dan lolos seleksi untuk dijadikan buku antologi, kuikuti sarannya.

Meski sempat ragu dan tidak percaya diri, aku tetap melangkah. Dan alhamdulillah, cerpenku lolos, dan ikut dibukukan.

So ... buat newbie sepertiku, sebagai penulis pemula. Tetaplah menulis. Segala kritik saran itu agar tulisanmu bisa jadi bagus. Tetap semangat belajar menulis, ya !

Sssttt ... siapa tahu ada yang tertarik dengan tulisanmu dan mengajakmu kerja bareng, mungkin jadi ghostwriter, atau penulis artikel buat bisnis mereka. Menarik, bukan ? :-)





#BelajarBikinODOP
#H-6
#MenulisItuBerbagi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Pastikan Anda mencantumkan nama dan url blog, agar saya bisa berkunjung balik ke blog Anda. Semoga silaturahmi kita terjalin indah ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...