Rabu, 11 Mei 2016

5 MANFAAT SHOLAT


       


 Saat mengikuti pengajian dalam  rangka Peringatan Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW, di Pendopo Kabupaten Nganjuk, hari Rabu, 11 Mei 2016, sang ustadzah yaitu DR. Hj. Umi Hanik, M.Ag, M.Pdi yang berasal dari Kabupaten Kediri, beliau mengambil tema tentang manfaat sholat.

Beberapa manfaat mengerjakan sholat adalah :


1.    Sebagai rasa syukur kita kepada Alloh SWT.
      Apabila kita bersyukur, maka nikmat dari Alloh akan bertambah. Dengan sholat, maka Alloh akan menambah nikmatNya pada kita. Sholat merupakan bagian dari amal kita. Dan amal yang dilihat terlebih dahulu adalah sholat kita.


2.    Sholat adalah pendisiplin.
      Waktu untuk mengerjakan sholat sudah ditentukan. Insya Alloh, bila kita disiplin dalam mengerjakan sholat, maka kita akan disiplin dalam hal lain.



3.    Sholat adalah obat penyakit kegelisahan (kegalauan) hati.
       Ingatlah, bahwa dengan mengingat Alloh, hati akan menjadi tenteram.

Ada sebuah kisah nyata, yang dialami oleh salah seorang sang udtadzah. Sahabatnya itu, adalah seorang perempuan yang kehilangan (meninggal) suaminya disaat sang suami berada di puncak karir.

Enam bulan kemudian, sang sahabat kehilangan anak satu-satunya yang meninggal karena kecelakaan. Suatu hari, sang sahabat bertemu dengan seorang ibu, dengan memakai mukena menuju ke mushola untuk sholat berjama’ah. Sang sahabat melihat wajah teduh perempuan itu, seolah tiada beban dalam hidupnya.

Lalu, tergeraklah hati sang sahabat untuk mengikuti langkah perempuan tersebut menuju mushola. Dibelinya mukena, dan melangkahkan kakinya menuju mushola untuk turut sholat berjama’ah. Sejak saat itu, sang sahabat merasakan ketenangan dihatinya.

Sang sahabat pun sering mengisi waktunya dengan bermesraan bersama Sang Khalik.


       Seorang sufi pernah berkata, kemesraan yang sesungguhnya adalah kemesraan antara seorang hamba dengan Rabbnya.

4.    Sholat sebagai penghapus dosa

      Manusia tak pernah lepas dari dosa. Siapapun. Bagaikan buih di lautan yang dating silih berganti, seperti itulah dosa manusia.

       Kadangkala, kita mengeluh akan cobaan yang datang dariNya. Di sinilah letak keikhlasan kita diuji.

       Selelah apapun, seharusnya kita tetap lillah. Karena lillah itulah yang akan kita nikmati di masa yang tiada batas.
       
              Alloh berfirman : Tidaklah aku ciptakan jin dan manusia kecuali beribadah kepadaku.

5.    Sholat itu menjauhkan kita dari perbuatan keji dan munkar.
       Suatu saat, kita diuji akan adanya cobaan dan musibah. Misalnya, ketika mendengar anak tengah mengalami kecelakaan.

     Disinilah ujian kita. Mungkin kita sedang emosi, dan ingin menyalahkan siapa saja. Hendaklah segera mendirikan sholat, mohon petunjuk dari Alloh SWT agar kita terhindar dari melakukan perbuatan keji pada orang lain.




#BelajarBikinODOP
#H-8

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Pastikan Anda mencantumkan nama dan url blog, agar saya bisa berkunjung balik ke blog Anda. Semoga silaturahmi kita terjalin indah ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...