Kamis, 28 April 2016

PROGRAM MENULIS MANDIRI




Apa maksud judul di atas ? Program menulis mandiri itu yang bagaimana ? Mungkin ada yang bertanya soal judul di atas. Okelah, akan saya jelaskan.

Beberapa saat yang lalu, saat aku mulai belajar menulis, yang terbersit di benakku adalah aku menulis apa saja yang ingin kutulis. Sama sekali belum terpikir akan dibawa kemana tulisan-tulisan ini. Hanya ingin menulis, dan berharap ada yang bisa bermanfaat buat orang lain.


Seperti di tulisanku sebelumnya, aku pernah ingin sekali ikut program 'One Day One Post' yang digagas Bang Syaiful Hadi. Namun karena aku terlambat mengetahui program tersebut dan ternyata sudah berjalan beberapa waktu, akhirnya aku memutuskan untuk tetap menulis saja. Aku ingin membiasakan menulis setiap hari, meskipun belum mencapai satu halaman penuh. Ya, menulis yang dimulai dari hal-hal sederhana saja. Dan alhamdulillah, tulisan kali ini merupakan tulisan H-21 dari target menulis selama 30 hari.

Kenapa aku menargetkan diriku menulis selama 30 hari ? Kan tidak ada yang menyuruh ? Kan tidak ikut program menulis ? Ya, bagiku, target menulis dalam jangka waktu tertentu dengan maksud agar aku terbiasa menulis dan disiplin menulis. Waktu yang 30 hari merupakan saran dari teman yang juga ingin membiasakan menulis. Istilah temanku, program menulis mandiri, yaitu menulis, dimana yang menentukan waktu, tema atau genre adalah kita sendiri. Mau tulisan diposting di media sosial manapun, entah di facebook, di wattpad, di twitter, bahkan di blog pribadi, itu terserah kita. Yang penting ada niat untuk membiasakan dan disiplin menulis pada diri sendiri. Kebetulan, temanku ini suka memposting tulisannya dengan genre cerpen di akun facebooknya.

Salah satu hal penting bagi penulis pemula sepertiku adalah bergaullah dengan orang-orang atau komunitas yang memiliki passion menulis. Disini kita bisa saling menyemangati dan mendukung untuk terus menulis, menulis dan menulis.







#BelajarBikinODOP
#H-18

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Pastikan Anda mencantumkan nama dan url blog, agar saya bisa berkunjung balik ke blog Anda. Semoga silaturahmi kita terjalin indah ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...