Rabu, 27 April 2016

MENULIS ITU MEMBACA, BELUM TENTU SEBALIKNYA



Membuat sebuah tulisan, apalagi tulisan yang menarik, bisa mempengaruhi pembaca bahkan mengajak pembaca ikut merasa seolah-olah menjadi pelaku dalam bacaan tersebut, tentu tidaklah mudah.



Agar tulisan menjadi menarik, seorang penulis haruslah banyak membaca, terutama sebagai referensi tulisannya. Menulis adalah membaca. Dengan banyak membaca, maka akan memperkaya tulisan-tulisan kita.



Beda halnya dengan membaca. Orang yang gemar membaca, belum tentu suka menulis. Namun orang yang suka menulis, pasti suka membaca. Lihat saja para penulis terkenal, pasti punya banyak koleksi bacaan. Pasti disempatkan waktunya untuk membaca. Tentu saja antara lain untuk memperkaya wawasan dalam karya-karya para penulis ini.


Menulis adalah membaca kehidupan. Banyak hal disekitar kita yang bisa dijadikan bahan untuk menghasilkan sebuah tulisan. Bahkan kisah pribadi seorang penulis pun bisa dijadikan bahan menulis. Tentu, tulisan yang bisa memberi manfaat dan bisa diambil hikmah bagi banyak orang.




#BelajarBikinODOP
#H-19

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Pastikan Anda mencantumkan nama dan url blog, agar saya bisa berkunjung balik ke blog Anda. Semoga silaturahmi kita terjalin indah ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...