Selasa, 19 April 2016

KENANGAN PRAJAB DI PASURUAN TAHUN 2011





         Ketika ada notifikasi dari salah satu akun media sosial yaitu facebook, terpampang foto kenangan ketika menjalani diklat Pra Jabatan di Vila Duta Kasih, Tretes, Prigen, Pasuruan. Kebetulan lokasinya di daerah dataran tinggi dan berhawa sejuk. Peserta diklat kurang lebih berjumlah 500 orang. Berasal dari Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Sampang, Kota Sidoarjo, dan Kota Batu dari berbagai Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD)  dari tiap kabupaten/kota yang mengirim para Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).  Diklat tersebut berlangsung kurang lebih 3 minggu selama bulan April 2011.


            Selama diklat berlangsung, banyak hal suka duka yang dialami. Jadwal diklat yang penuh dan padat mulai pukul 5 pagi hingga pukul 9 malam. Rasa rindu jauh dari keluarga selama mengikuti diklat, membuat sedikit ada tekanan dalam dada. Namun dengan hadirnya teman-teman baru dari daerah lain bisa sedikit mengobati rasa rindu itu.

            Kami terbagi dalam beberapa kelas. Tiap kelas terdiri dari beberapa peserta dari berbagai daerah yang mengirimkan peserta diklat. Tentu agar kami bisa saling mengenal peserta dari daerah lain. Begitu pula dengan pembagian kamar tidur. Peserta pria maupun maupun wanita, mendapat kamar dengan peserta dari daerah lain, biasanya tiap kamar terdiri dari 4 hingga 6, bahkan 8 orang.

            Jadwal pagi dimulai dengan apel pagi sekitar pukul 5 pagi dilanjutkan dengan senam pagi. Selanjutnya bersih diri lantas makan pagi, lalu mengikuti materi di kelas hingga pukul 9, lantas break sebentar. Setelah itu materi kelas dimulai lagi, hingga siang, lantas ishoma. Setelahnya, materi dimulai lagi hingga sore, lalu ishoma lagi. Materi kelas dimulai lagi sekitar jam 7 malam atau selepas isya’ hingga pukul 9 malam. Demikian jadwal rutin yang kami jalani selama diklat. Kecuali hari sabtu, materi hanya sampai siang, dan hari minggu kami tidak ada materi, bisa bersantai sejenak.

            Banyak ilmu kami peroleh selama diklat, baik dari para widya iswara selaku instruktur kami di kelas, dari instruktur di lapangan maupun dari teman-teman sesama peserta diklat. Materi-materi yang diberikan bermanfaat sebagai bekal kami kala kembali ke instansi masing-masing setelah selesai mengikuti diklat.

            Salah satu hal yang paling diingat kala mengikuti diklat adalah hujan yang nyaris turun sepanjang hari di lokasi. Bila hujan turun kala kami sedang mengikuti kegiatan di lapangan, otomatis kegiatan dialihkan di ruang yang cukup luas tempat kami berkumpul bersama.
            Lokasi diklat yang cukup sejuk dan nyaris hujan setiap hari, membuat keinginan kami sering tak bisa menahan hawa lapar. Apalagi disediakan kantin yang menyediakan berbagai keperluan para peserta diklat. Bahkan bila malam hari, ada tempat makan yang menyediakan delivery order , baik untuk sekedar lontong sate, nasi goreng, ronde, kopi dan sebagainya. Tentu saja hal ini menimbulkan kenaikan berat badan yang signifikan diantara peserta diklat. Apalagi aktivitas kami hanya mengikuti jadwal diklat. :)

            Itulah sekelumit cerita kala aku dan teman-teman mengikuti diklat pra jabatan.




#BelajarBikinODOP
#H-26 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Pastikan Anda mencantumkan nama dan url blog, agar saya bisa berkunjung balik ke blog Anda. Semoga silaturahmi kita terjalin indah ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...