Senin, 08 Februari 2016

KEBIASAAN BERPAMITAN

Kata pamit, berasal dari Bahasa Jawa (semoga aku ndak salah ketik). Yang artinya pisah atau juga ijin (semoga aku ndak salah mengartikan). Bila kata pamit diberi awalan ber dan akhiran -an sehingga terbentuk kata baru yaitu berpamitan, maka akan menjadi sebuah arti yang baru, yaitu mengucapkan selamat tinggal atau meminta ijin untuk pergi ke suatu tempat.




Berpamitan atau pamit sewajarnya dilakukan karena hal tersebut merupakan etika dan kebiasaan yang baik untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, saat anak berangkat sekolah, berpamitan dulu pada orangtua, saat suami atau istri mau berangkat ke tempat kerja, juga sebaiknya saling berpamitan. 

Siapapun yang mau meninggalkan rumah, sebaiknya berpamitan pada orang-orang yang ada di rumah. Bahkan, di tempat kerja, sebaiknya kita juga berpamitan saat meninggalkan ruang kerja. Entah untuk melaksanakan tugas kantor, dinas luar bahkan saat ke kamar mandi sekalipun, sebaiknya juga berpamitan atau meninggalkan pesan pada rekan kerja, baik lisan ataupun tertulis, sehingga ada keterangan keberadaan kita.

Kebiasaan pamit atau berpamitan penting dilakukan, sebab dibalik kebiasaan ini ada sekeping,seuntai do'a untuk kita. Baik itu kelancaran dalam menuntut ilmu, menerima ilmu, kelancaran dalam bekerja, kelancaran dalam menjalankan sebuah urusan maupun keselamatan dalam perjalanan.

Kita bisa membayangkan bila kita tidak berpamitan. Bisa jadi orangtua akan mengkhawatirkan keberadaan anaknya, suami atau istri mengkhawatirkan keberadaan pasangannya. Kekhawatiran masing-masing orang bisa berbeda. Bisa jadi menjadi.kekhawatiran yang berlebihan bahkan bisa sampai melaporkan ke pihak kepolisian.

Mulai sekarang, kita bisa ubah kebiasaan tidak berpamitan kemanapun aktivitas yang akan kita lakukan. Jangan buat orang rumah khawatir akan keberadaan kita. Tidak merugikan membiasakan kebiasaan baik. Yukk, biasakan berpamitan ya, biar orang-orang yang sayang ama kita ndak khawatir, yakin kita di tempat yang jelas, bertemu orang-orangyang jelas dan jelas kepentingan kita. :-)



Terima kasih bagi yang mau mengunjungi blog aku. Tinggalkan komentar ya :-)
Semoga tulisanku ini bermanfaat






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Pastikan Anda mencantumkan nama dan url blog, agar saya bisa berkunjung balik ke blog Anda. Semoga silaturahmi kita terjalin indah ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...