Kamis, 25 Februari 2016

KOMUNITAS



Pernah ndak sih, merasa kesepian, ndak punya teman, merasa sendiri, tak ada tempat berbagi?
Hal itu wajar kita rasakan bila kita tidak berinteraksi dengan orang lain, tidak berkomunikasi dengan orang lain. 
Interkasi tersebut bisa dalam bentuk bergabung dalam sebuah organisasi atau komunitas.



Komunitas adalah sebuah kelompok sosial dari beberapa organisme yang berbagi lingkungan, umumnya memiliki ketertarikan dan habitat yang sama.
Banyak sekali ragam komunitas di sekitar kita. Misalnya, Blogger Perempuan, dimana para anggotanya adalah para perempuan yang suka nge-blog. Baik yang sudah lama berkecimpung di maupun yang newbie (baru) di dunia perbloggingan. Anggota komunitas ini berjumlah ratusan. Ada yang fulltime mom, working mom, yang udah menikah maupun masih single :).  

Isi blog para Blogger Perempuan ini dari berbagai tema. Travelling, parenting, review buku dan film, tutorial design blog dan lain sebagainya. Banyak informasi yang bermanfaat yang disajikan dari para blogger ini.



Ada juga Komunitas Menulis. Buat yang suka nulis, hobi nulis, mau jadi penulis, entah nulis buku, cerpen, puisi atau ingin tahu cara membuat sebuah review (buku atau film), di sini tempat yang tepat. 

Di komunitas ini kita akan banyak belajar cara menulis yang baik, penggunaan tata bahasa yang baik, bagaimana membuat tulisan sesuai EYD, bahkan cara membuat tulisan yang bisa tembus media. Tentu akan ada mentor yang siap membagikan ilmu menulis. Para mentor biasanya berlatar belakang penulis dan sudah menghasilkan karya, baik dalam bentuk cetak ataupun dalam bentuk ebook. 

Buat para newbie di dunia kepenulisan, alangkah baiknya untuk bergabung dalam sebuah komunitas menulis. Dari yang awalnya tidak mempunyai rasa percaya diri dengan tulisan sendiri, dan hanya menjadi "silent reader", lama kelamaan akan berani membuat karya dan mempublikasikan. 

Memutuskan bergabung disini adalah langkah yang tepat. Biasanya di komunitas ini menyediakan kursus menulis online, dengan tujuan untuk mengasah kemampuan kita menulis, dan membuat tulisan kita bermanfaat untuk pembaca. Semangat dari para mentor dan anggota yang lain akan menumbuhkan semangat buat kita untuk terus menulis.


Dengan bergabung dalam suatu komunitas, kita akan merasakan artinya berbagi. Rasa saling berbagi, misalnya. Berbagi ilmu dan berbagi rasa. Kekuatan rasa antar anggota menjadi kekuatan tersendiri bagi suatu komunitas.
Sudahkah Anda bergabung dalam sebuah komunitas? :) 







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Pastikan Anda mencantumkan nama dan url blog, agar saya bisa berkunjung balik ke blog Anda. Semoga silaturahmi kita terjalin indah ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...